Turki Kirim Pesawat Berisi Tim Medis dan Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza

Turki mengirim pesawat dengan tim medis dan pasokan ke Mesir pada Minggu, 22 Oktober. Pesawat tersebut membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

Pengumuman ini disampaikan Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca.

“Pesawat kami lepas landas untuk membantu Gaza. Pesawat kepresidenan berisi obat-obatan dan perbekalan kesehatan, membawa 20 dokter spesialis, berangkat dari Ankara menuju Mesir,” kata Koca, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 23 Oktober 2023.

Rekaman yang dibagikan oleh menteri menunjukkan kotak-kotak berisi isinya dimuat ke dalam pesawat kepresidenan Turki.

“Tim kami akan menentukan obat-obatan, perlengkapan dan peralatan medis yang diperlukan untuk masyarakat Gaza dan melakukan studi kelayakan rumah sakit lapangan yang akan didirikan di Bandara El Arish Mesir dan Penyeberangan Perbatasan Rafah,” kata Koca dalam sebuah unggahan.

Rafah adalah jalur utama masuk dan keluar Jalur Gaza yang tidak dikendalikan oleh Israel, yang mengatakan pihaknya tidak akan mengizinkan bantuan masuk dari wilayahnya sampai Hamas membebaskan sandera yang disanderanya dalam serangan pada 7 Oktober.

Dikatakan bahwa bantuan bisa masuk melalui Mesir asalkan pasokan tidak sampai ke tangan Hamas.

Koca juga mengatakan, tiga pesawat kargo dijadwalkan akan dikirim ke Bandara El Arish membawa obat-obatan, perbekalan dan peralatan medis selain sebuah kapal yang membawa peralatan rumah sakit lapangan dan ambulans, setelah pengaturan telah dibuat dengan otoritas terkait.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Hidayatullah.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *