The Fed Diperkirakan Batal Naikkan Suku Bunga, Harga Emas Dunia Mengkilap

Harga emas dunia melanjutkan kenaikan pada pembukaan perdagangan hari ini. Harga emas dunia bergerak pada kisaran USD1.873 per ounce sampai dengan USD1.876 per ounce.

Melansir Investing.com, harga emas dunia acuan XAU/USD naik 0,11 persen atau 2,24 bps ke level USD1.876 per ounce pada pembukaan perdagangan Kamis, 12 Oktober 2023. Harga emas dunia sudah naik 11,55 persen dalam setahun.

Indikasi pengetatan kondisi keuangan

Sejumlah pejabat bank sentral, termasuk Wakil Ketua Philip Jefferson, Gubernur Christopher Waller dan Presiden regional Raphael Bostic dari Atlanta, Lorie Logan dari Dallas dan Mary Daly dari San Francisco, telah mengindikasikan pengetatan kondisi keuangan dapat meniadakan perlunya kenaikan lebih lanjut. Dari kelompok tersebut, Logan, Waller dan Jefferson memiliki suara di Federal Open Market Committee (FOMC) tahun ini.

Risalah tersebut mencatat sebagian besar anggota FOMC melihat risiko kenaikan harga, bersamaan dengan potensi pertumbuhan yang lebih lambat dan tingginya pengangguran.

“Banyak peserta mengatakan keuangan beberapa rumah tangga berada di bawah tekanan di tengah tingginya inflasi dan menurunnya tabungan, serta adanya peningkatan ketergantungan pada kredit untuk membiayai pengeluaran,” kata notulen tersebut.

Kepala Strategis Komoditas di Saxo Bank Ole Hansen menuturkan kisruh di Timur Tengah akan membuat The Fed tak akan menaikkan suku bunga di tengah ketidakpastian.

“Prospek kenaikan suku bunga akan bergerak semakin mendekati batas,” tegas dia.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Aneka Logam

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *