Harga Emas Dunia Naik Terdorong Konflik Timur Tengah

Emas dunia naik pada pembukaan perdagangan hari ini. Emas dunia rebound setelah konflik timur tengah memberikan ketidakpastian baru bagi pemulihan ekonomi global.

Dikutip dari Investing.com, Senin, 9 Oktober 2023, emas dunia naik 1,07 persen atau 19,92 bps dengan berada pada level USD1.851 per USD. Dalam setahun emas dunia naik 8,15 persen. Emas bergerak pada rentang USD1.832 sampai dengan USD1.855 per ounce.

Harga emas dunia naik karena konflik Timur Tengah yang bisa menimbulkan ketidakpastian baru terhadap ekonomi global. Konflik ini bisa mendorong kenaikan harga minyak dan menyebabkan dunia dalam resesi karena inflasi tinggi. Kondisi ini bisa mengerek emas sebagai aset safe haven unggulan ketika ekonomi alami krisis.

Sebelumnya, militan dari Hamas menyusup ke Israel melalui darat, laut, dan udara pada Sabtu, 8 Oktober 2023, saat hari libur besar Yahudi. Mereka menembakkan ribuan roket ke Israel dari Gaza.

“Warga sipil termasuk perempuan, anak-anak dan orang tua telah diculik, dan lainnya dibunuh di rumah mereka,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Perang terhadap Hamas

Setidaknya 417 warga Palestina telah tewas dan hampir 2.200 lainnya terluka dalam serangan roket Israel, menurut sumber medis di Gaza. Sementara jumlah korban tewas di Israel telah meningkat menjadi lebih dari 700 orang.

Tingginya angka kematian, Pemerintah Israel secara resmi menyatakan perang terhadap Hamas. Pernyataan ini disampaikan beberapa jam setelah militer negara itu mulai membombardir Jalur Gaza dengan tujuan untuk melenyapkan kelompok militan tersebut dan merebut kendali penuh atas wilayah Palestina.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Money Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *