Gempa M5,3 Guncang Laut Jawa, Dipicu Aktivitas Lempeng Indo-Australia

Gempa Magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Laut Jawa atau bagian utara Jawa Tengah Rabu (13/9/2023), pukul 12.34.31 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa Laut Jawa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1.

Episenter gempa terletak pada koordinat 6,02° LS ; 110,09° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 Km arah Barat Laut Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 666 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam (deep focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional Lempeng Indo-Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Hasil pemodelan gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Jepara dan Kendal.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hingga pukul 12.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), meski begitu warga diimbau tetap waspada.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Sindonews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *