Dolar AS Tertekan Akibat Komentar Kepala BOJ

Dolar AS turun di awal perdagangan Eropa hari Senin saktu setempat. Dolar AS turun setelah mencapai level tertinggi enam bulan.

Sementara itu, yen Jepang melonjak karena komentar dari Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda mengisyaratkan potensi perubahan kebijakan moneter.

Melansir Investing.com, Selasa, 12 September 2023, indeks dolar yang melacak greenback terhadap enam mata uang lainnya, diperdagangkan 0,5 persen lebih rendah ke 104,212, turun dari level tertinggi enam bulan di 105,15 minggu lalu.

Yen melonjak menjadi USD/JPY 1,2 persensetelah Ueda mengisyaratkan perubahan kebijakan. Hal itu menyeret indeks dolar lebih rendah. Kepala BOJ Kazuo Ueda mengisyaratkan potensi perubahan dari suku bunga negatif.

Ueda mengatakan kepada sebuah surat kabar lokal BOJ dapat memiliki data yang cukup pada akhir tahun untuk menentukan apakah suku bunga harus tetap negatif, menambahkan bahwa target inflasi dua persen bank tersebut sudah di depan mata, yang memungkinkan para pembuat kebijakan untuk mulai mempertimbangkan pengetatan kebijakan.

Pertemuan kebijakan ECB semakin dekat
Di tempat lain, EUR/USD naik 0,2 persen ke 1,0724, naik dari level terendah tiga bulan minggu lalu karena para trader bersiap untuk pertemuan penetapan kebijakan hari Kamis dari Bank Sentral Eropa.

Terdapat banyak ketidakpastian mengenai keputusan suku bunga ECB karena tekanan harga masih tinggi sementara data menunjukkan aktivitas ekonomi saat ini melambat tajam.

Bank sentral telah menaikkan suku bunga pada masing-masing dari sembilan pertemuan terakhirnya dan para pembuat kebijakan sekarang memperdebatkan apakah akan menaikkan suku bunga deposito lagi, menjadi empat persen, atau berhenti sejenak.

Trader menanti data inflasi AS
Meskipun mengalami penurunan pada Senin, dolar masih tetap berada di dekat level tertinggi dalam enam bulan terakhir, dibantu oleh serangkaian data ekonomi yang kuat baru-baru ini yang meningkatkan ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut dari Federal Reserve mungkin akan segera terjadi.

Data inflasi konsumen AS, yang akan dirilis pada hari Rabu, serta harga produsen pada hari Kamis, akan dipelajari dengan cermat untuk mendapatkan lebih banyak petunjuk mengenai kebijakan moneter dan jalur suku bunga.

Federal Reserve secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada pertemuan minggu depan, tetapi data yang menunjukkan inflasi tetap tinggi dapat mengarah pada kenaikan lain di akhir tahun.

Yuan Tiongkok memantul dari level terendah 16 tahun
Sementara itu, USD/CNY turun 0,7 persen ke 7,2920. Yuan naik dari level terendah 16 tahun pada Jumat setelah bank sentral Tiongkok mengisyaratkan ketidaknyamanan yang meningkat dengan pelemahan mata uang baru-baru ini dengan tingkat panduan titik tengah harian yang kuat.

 

 

 

 

 

Sumber : metrotvnews.com
Gambar : Gatra

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *