KTT ASEAN Resmi Ditutup, Lalu Lintas Jakarta Kembali Normal Jumat, 8 September 2023

Polisi memastikan tidak lagi memberlakukan rekayasa lalu lintas di wilayah Jakarta pada Jumat, 8 September 2023 besok, setelah KTT ke-43 ASEAN resmi ditutup Kamis, hari ini.

“Sudah selesai. Enggak ada rekayasa, normal pengaturan biasa,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Kamis (7/9/2023).

Latif mengatakan masyarakat yang biasa melintas di ruas jalan protokol Jakarta bisa berkendara seperti sebelumnya. Karena pengaturan lalin hanya dilakukan untuk jalan menuju bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Normal kembali. Tapi ada pengaturan pengaturan nanti tinggal prioritas tamu KTT ke-43 ASEAN yang akan ke bandara saja,” kata dia.

Sebab, Latif menyebut pihaknya sampai dengan Jumat besok, masih dijadwalkan melakukan pengawalan terhadap 11 delegasi yang akan pulang ke negaranya.

“Kita nanti tinggal mengantar kepulangan mereka dari akomodasi ke bandara saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut meminta maaf kepada masyarakat yang terganggu akibat rekayasa lalu lintas selama KTT ASEAN. Karena, penutupan sejumlah ruas jalan yang dilakukan saat delegasi negara melintas.

“Seperti yang disampaikan Bapak Panglima mohon maaf karena kemarin kami harus melakukan rekayasa dan melakukan beberapa penutupan ruas jalan karena ini memang bagian dari standar pengamanan khususnya high level atau para kepala negara yang harus kita amankan,” kata Sigit saat jumpa pers, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 7 September 2023.

“Sehingga kita melakukan rekayasa lalin mengakibatkan beberapa ruas di jalur alternatif mengalami penumpukan,” tambah Sigit.

Sigit juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang memaklumi proses pengamanan yang dilakukan. Sehingga gelaran KTT ASEAN bisa berjalan lancar sampai proses nanti pengawalan kepulangan delegasi.

“Seluruh rangkaian kegiatan pengamanan KTT ini bisa berjalan dengan baik sampai dengan seluruh rangkaian ditutup oleh bapak presiden,” imbuh dia.

Jokowi Resmi Tutup KTT ke-43 ASEAN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9/2023). Jokowi juga resmi menyerahkan tongkat keketuaan ASEAN 2024 kepada Republik Demokratis Rakyat Laos.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, penyerahan keketuaan ASEAN tahun 2024 dilakukan dalam acara Penutupan KTT ke-43 ASEAN di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Jokowi lalu menyerahkan tongkat estafet keketuaan ASEAN 2024 kepada Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone. Dengan begitu, kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023 juga berakhir.

“Kita harus menjadi nahkoda di kapal kita sendiri dan ini saatnya tongkat keketuaan diserahkan ke Laos. And now we pass the baton to Lao PDR (People’s Democratic Republic),” kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (7/9/2023).

Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan negara ASEAN dan mitra yang telah mendukung keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. Jokowi mengajak semua pihak untuk terus memperkuat kolaborasi dan kerja sama.

“Mari kita terus perkuat kolaborasi dan kerja sama utk ASEAN yang damai dan makmur, serta menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik untuk semua,” jelasnya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap keketuaan Indonesia di 2023. Dan dengan demikian KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya secara resmi saya tutup,” sambung Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *