Australia Gelontorkan Rp1,46 T untuk 3 Inisiatif Ekonomi ASEAN

Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury mengungkapkan Australia berinvestasi sebesar US$95,4 juta atau setara Rp1,46 triliun (asumsi kurs Rp15.305 per dolar AS) untuk ASEAN.

Investasi itu tertuang dalam Australia’s Southeast Asia Economic Strategy to 2040. Investasi bertujuan untuk memperdalam keterlibatan ekonomi Australia dengan ASEAN memastikan kesejahteraan bersama di masa depan.

Australia berkomitmen untuk segera mendukung tiga inisiatif yang menjadi inti strategi perekonomian di kawasan ASEAN.

“Australia juga mengumumkan komitmen sebesar US$95,4 juta untuk bisa mendukung tiga inisiatif yang terkandung dalam strategi tersebut,” ucap Pahala dalam konferensi pers di JCC, Jakarta, Rabu (6/9).

Adapun tiga strategi itu meliputi pembentukan tim kesepakatan investasi yang akan berbasis di kawasan ASEAN. Tim itu akan bekerja dengan investor Australia, dunia usaha, dan pemerintah Asia Tenggara untuk mengidentifikasi dan memfasilitasi peluang investasi.

Komitmen selanjutnya adalah membuat pertukaran bisnis Asia Tenggara yang baru untuk meningkatkan perdagangan dua arah.

Hal ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran akan peluang perdagangan baik di Australia maupun di Asia Tenggara.

Sementara, strategi terakhir adalah menyiapkan program pertukaran bagi para profesional muda dan membangun hubungan yang langgeng antara dunia usaha Australia dan Asia Tenggara.

Hal ini diklaim akan memungkinkan generasi muda berbakat dari Australia mendapatkan pengalaman bekerja di perusahaan-perusahaan Asia Tenggara. Selain itu, para profesional Asia Tenggara juga mendapatkan pengalaman di bisnis Australia.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *