Tito Resmi Lantik 9 Pj Gubernur Hari Ini untuk Jabar hingga Papua

Ada sembilan jabatan gubernur yang penjabat gubernur penggantinya dilantik pemerintah pusat melalui Mendagri Tito Karnavian di Jakarta pada Selasa (5/9) pagi ini.

Sebelumnya, para penjabat gubernur itu ditentukan melalui sidang tim penilai akhir (TPA) yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (31/8).

Para penjabat gubernur yang dilantik itu langsung bekerja hari ini, dan memiliki masa jabatan satu tahun, serta dapat diperpanjang satu tahun berikutnya.

Pj Gubernur menjabat hingga ada gubernur definitif hasil Pilkada. Adapun pemilihan kepala daerah dijadwalkan bakal digelar secara serentak pada November 2024 mendatang.

Sembilan penjabat gubernur itu mengucapkan sumpah jabatan mengikuti yang dibacakan Tito pada Selasa pagi ini. Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur. Keppres itu ditetapkan Presiden Jokowi pada 4 September 2023.

Nama-nama penjabat gubernur yang dilantik hari ini oleh Tito itu di antaranya adalah Bey Machmudin sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat dan Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah.

Penunjukan Pj Gubernur itu menyusul habisnya masa jabatan Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

Selain Bey dan Nana, ada sejumlah nama pejabat pemerintahan yang ditunjuk sebagai pj gubernur. Mereka dilantik bersamaan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Orang yang ditunjuk sebagai pj gubernur harus berstatus pejabat pimpinan tinggi madya atau setara eselon I. Pj bupati dan wali kota harus berasal dari pejabat tinggi pratama atau setara eselon II.

Berikut daftar nama pj gubernur yang dilantik hari ini:

1. Mayjen TNI Purn Hasanuddin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara

2. Bey Priadi Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat

3. Komjen Pol Purn Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah

4. Irjen Pol Purn Sang Made Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali

5. Ayodhia Kalake sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur

6. Harrison sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat

7. Bachtiar sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan

8. Komjen Pol Purn Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

9. Muhammad Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : detikcom

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *