Bendungan Jebol, Stasiun Kereta Bawah Tanah New York Kebanjiran

Stasiun kereta bawah tanah paling terkenal dan tersibuk di New York, Amerika Serikat (AS) menjadi korban banjir. Hal ini terjadi usai saluran air kuno yang jebol setelah beroperasi lebih dari seabad.

Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA) merilis video dan foto air yang mengalir ke Stasiun Times Square 42nd Street di jantung kota Manhattan pada sekitar pukul 03.00 pagi waktu setempat.

“Sepanjang pagi hari, 1,8 juta galon air mengalir ke stasiun,” kata MTA, dilansir dari AFP, Rabu, 30 Agustus 2023.

Banjir terus mengganggu layanan di beberapa jalur tersibuk kota, yakni jalur 1, 2, 3, pada puncak perjalanan pagi hari.

MTA New York City Transit menyebutkan pipa yang pecah merupakan pipa utama berukuran 20 inci yang dipasang pada tahun 1896. Pipa yang pecah juga membanjiri jalan-jalan di Midtown dengan air setinggi beberapa inci.

Lalu lintas terganggu dan pasokan air ke daerah tersebut terputus sementara ratusan pekerja dan insinyur MTA memompa dan membersihkan.

Semuanya kembali normal pada tengah hari.

Sistem kereta bawah tanah di New York, yang dimulai pada tahun 1868 dengan kereta di atas tanah dan pada tahun 1904 dengan jalur bawah tanah, merupakan salah satu sistem kereta bawah tanah yang paling luas di dunia. Sayangnya, infrastrukturnya sering kali berantakan.

Sistem ini beroperasi 24 jam sehari, 365 hari setahun.

Times Square, dengan papan reklame dan tanda neonnya, merupakan magnet bagi wisatawan, menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *