Gerak Dolar AS Balik Arah, Makin Perkasa!

Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terpantau menguat pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat.

Melansir Xinhua, Jumat, 25 Agustus 2023, indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, meningkat 0,54 persen menjadi 103,982.

Penguatan dolar ini didorong oleh permohonan klaim pengangguran AS yang turun karena pasar tenaga kerja tetap ketat. Turun ke level terendah dalam tiga minggu.

Penurunan klaim tunjangan pengangguran

Departemen Tenaga Kerja melaporkan, klaim awal tunjangan pengangguran turun 10 ribu menjadi 230 ribu untuk pekan yang berakhir 19 Agustus.

Pada minggu sebelumnya direvisi naik sebanyak 1.000 klaim, menurut data resmi. Rata-rata pergerakan klaim awal dalam empat minggu, ukuran yang tidak terlalu fluktuatif, naik sebesar 2.250 menjadi 236,50.

Klaim lanjutan, yang mencakup mereka yang telah menerima manfaat lebih dari satu minggu, turun tipis menjadi 1,7 juta untuk pekan yang berakhir 12 Agustus.

Angka tersebut berkurang sekitar 9.000 dibandingkan minggu sebelumnya, dan turun dari angka tertinggi 1,86 juta pada pertengahan April.

Pemberi kerja di AS bertambah

Permohonan bantuan pengangguran mencapai tingkat yang lebih tinggi di atas 260 ribu selama beberapa minggu pada musim semi ini, menimbulkan kekhawatiran, namun kemudian surut.

Awal bulan ini, pemerintah melaporkan pemberi kerja di AS bertambah 187 ribu pekerjaan pada Juli, lebih sedikit dari perkiraan. Namun masih mencerminkan pasar tenaga kerja yang sehat. Tingkat pengangguran menurun menjadi 3,5 persen, mendekati level terendah dalam setengah abad.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *