Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan Sepakat Dukung Sentralitas dan Stabilitas Kawasan ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Trilateral yang dilakukan oleh pemimpin negara Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang di Camp David, Maryland, AS, pada Jumat 18 Agustus 2023, fokus membahas upaya menghadapi meningkatnya kekuatan China dan ancaman nuklir dari Korea Utara (Korut).

Dalam kesempatan yang sama, Joe Biden, Yoon Suk Yeol dan Fumio Kishida juga sepakat mendukung sentralitas dan stabilitas di kawasan ASEAN.

“Jika Anda melihat pernyataan bersama, semua pemimpin kita sepakat bahwa baik secara individu dan bersama-sama, kita sangat mendukung sentralitas dan persatuan ASEAN,” ujar Asisten Menlu AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink dalam pernyataan pers virtual, Selasa (22/8).

Lebih jauh Krittenbrink menyebut bahwa pemimpin ketiga negara ingin melakukan kemitraan konsisten dengan negara-negara ASEAN, dengan meningkatkan komitmen kerja sama multisektoral hingga investasi.

“Saya pikir itulah mengapa pertemuan di Camp David begitu signifikan sehingga menurut saya akan memberikan manfaat yang nyata bagi para mitra di seluruh wilayah,” tambahnya.

Koordinator Indo-Pasifik Amerika Serikat Kurt Campbell menyerukan hal senada, menyebut bahwa ketiga negara mengakui peran penting ASEAN di kawasan Indo-Pasifik dan senantiasa mendukung isu-isu yang menjadi kepentingan bagi negara kawasan Asia Tenggara tersebut.

“Mari kita akui bahwa ASEAN masih menjadi arsitektur yang dominan dan kelompok yang paling penting untuk dilibatkan,” ujar Campbell.

“Saya pikir akan adil untuk mengatakan bahwa masing-masing negara yang hadir di Camp David melihat jelas bahwa negara-negara tersebut menyatakan ketertarikan untuk memberikan dukungan yang tepat kepada Pasifik, dan terlibat dalam isu-isu yang sangat penting bagi negara-negara kepulauan Pasifik seperti perubahan iklim, penangkapan ikan ilegal, peningkatan investasi, ekonomi dan infrastruktur hingga isu seperti pendidikan,” imbuhnya.

Fokus Utama KTT Trilteral AS, Jepang dan Korea Selatan

Pertemuan yang dilakukan oleh para pemimpin Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan sepakat untuk memperdalam hubungan militer dan ekonomi, serta membuat kecaman bersama terkuat mereka atas “perilaku berbahaya dan agresif” oleh China di Laut China Selatan.

Dalam pernyataan KTT bersama, ketiga negara berkomitmen untuk segera berkonsultasi satu sama lain selama krisis dan untuk mengoordinasikan tanggapan terhadap tantangan, provokasi, dan ancaman regional yang memengaruhi kepentingan bersama.

Mereka juga sepakat untuk mengadakan latihan militer trilateral setiap tahun dan untuk berbagi informasi real-time tentang peluncuran rudal Korea Utara pada akhir 2023. Negara-negara berjanji untuk mengadakan KTT trilateral setiap tahun.

Perjanjian ini menjadi tonggak sejarah baru, mengingat itu menjadi langkah berani untuk Seoul dan Tokyo, yang memiliki sejarah ketegangan panjang sejak era pendudukan militer Jepang di Korea selama 1910 – 1945.

Pemulihan hubungan Jepang-Korsel didorong oleh persepsi bersama tentang ancaman yang ditimbulkan oleh China dan Korea Utara, serta Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *