AS Dihantam Badai Hilary: California Darurat, Siaga Banjir Mematikan

Amerika Serikat dihantam Badai Tropis Hilary, Minggu (20/8), membawa hujan yang dapat memicu banjir mematikan di kawasan barat daya. California pun mendeklarasikan status darurat.

“Malapetaka dan banjir yang mengancam nyawa diperkirakan menghantam Baja California dan sebagian barat daya AS hingga Senin,” demikian pernyataan Pusat Badai Nasional AS (National Hurricane Center/NHC) yang dikutip AFP.

Tak lama setelah itu, Gubernur California, Gavin Newsom, mendeklarasikan status darurat di sebagian besar kawasan selatan negara bagian tersebut.

“Berjagalah, California,” kata Newsom.

Kantor Newsom menyatakan pemerintah setempat sudah membuka lima tempat penampungan dan mengerahkan lebih dari 7.500 personel, termasuk ratusan tentara Garda Nasional sebagai tim penyelamat.

Warga pun langsung berbondong-bondong ke toko dan pasar swalayan untuk membeli pasokan air dan kebutuhan sehari-hari lainnya selama badai menghantam. Di San Diego, warga mulai mengisi kantong-kantong pasir demi mengantisipasi banjir.

Para penjaga pantai juga memperingatkan warga agar tak mendekati laut. Pemerintah setempat juga sudah menutup pantai-pantai agar tak bisa diakses publik.

Sementara itu, CNN melaporkan setidaknya 4.500 penerbangan bakal terkena dampak badai ini. Sebagian penerbangan bakal dibatalkan, sementara yang lainnya ditunda.

Berdasarkan pantauan situs pemantau penerbangan, FlightAware, bandara yang paling terkena dampak di antaranya Harry Reid International di Las Vegas. Di sana, lebih dari 300 penerbangan dibatalkan.

Di San Diego International Airport, sekitar 40 persen penerbangan yang tiba dan berangkat dibatalkan. Sepertiga penerbangan dari dan menuju Ontario International Airport juga dibatalkan.

Di California, bandara-bandara di Burbank, Santa Ana, dan Sacramento harus membatalkan lebih dari 20 persen penerbangan, sementara Bandara Daugherty di Long Beach membatalkan 42 persen penerbangan yang masuk.

Sebelum menyapu AS, Badai Tropis Hilary sudah lebih dulu menghantam Meksiko. Di sana, satu orang tewas setelah satu mobil tersapu sungai yang meluap akibat badai.

Tentara Meksiko sendiri sudah mendirikan 35 penampungan untuk tempat tinggal sementara bagi 1.725 warga yang terkena dampak badai.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Media Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *