Menhan Prabowo Resmi Tetapkan 2.497 Personel Komcad di 2023

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menetapkan 2.497 personel Komponen Cadangan (Komcad) TNI tahun 2023 di lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Jawa Barat, Jumat (11/8). Komponen cadangan adalah sumber daya yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Jumat tanggal 11 Agustus 2023, Komponen Cadangan yang dibentuk pada tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditetapkan,” kata Prabowo dalam upacara yang ditayangkan YouTube Kementerian Pertahanan.

Sebanyak 2.497 personel yang ditetapkan itu terdiri dari 500 orang binaan Kodam I/Bukit Barisan, 499 orang binaan Kodam IX/Udayana, 298 orang binaan Kodam XIII/Merdeka, 200 orang binaan Kodam XVIII/Kasuari. Selain itu, ada 500 orang binaan matra laut dan 500 orang binaan matra udara.

Dalam amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dibacakan Prabowo, disampaikan bahwa pertahanan negara tidak cukup hanya ditangani oleh militer, tetapi tugas dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia.

Prabowo mengatakan rakyat, pemerintah, dan seluruh elemen negara harus bersinergi membangun simpul yang kuat, untuk mengelola sumber daya pertahanan bangsa.

“Kita sudah memiliki komponen cadangan dari tiga matra untuk melaksanakan strategi pertahanan berlapis, memperbesar dan memperkuat kapasitas komponen utama yang dapat dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang yang ditimbulkan oleh ancaman, seperti invasi dari negara lain,” kata dia.

Tahapan pembentukan Komcad 2023 dimulai dengan pendaftaran pada 2 Januari-14 April. Kemudian proses seleksi digelar pada 17-29 April. Lalu latihan dasar kemiliteran dilaksanakan pada 8 Mei-31 Juli.

Pembentukan komponen cadangan ini berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *