Heru Budi Setujui Tarif Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Rp 5.000

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyetujui usulan tarif TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp5.000.

“Iya setuju, Dinas Perhubungan DKI juga sudah melapor,” kata Heru di Jakarta, Jumat, (11/8/2023).

Namun, kata Heru pihaknya harus mengajukan usulan ini ke DPRD DKI untuk diberi persetujuan.

“Sesuai aturan kita minta izin DPRD apakah bisa disetujui atau tidak,” tambahnya, seperti dikutip dari Antara.

Anggota DPRD DKI M Taufik Zoelkifli menyetujui adanya perubahan tarif yang semula dari Rp3.500 menjadi Rp5000.

“Penumpang yang menuju ke Soetta biasanya kalangan ekonomi menengah ke atas yang mampu beli tiket pesawat, jadi saya cenderung menyetujui usulan ini,” ujar Taufik.

Menurut Taufik, kisaran tarif tersebut lantaran masih dalam batas normal bagi para penumpang rute tersebut. Pendapat tersebut disampaikannya secara personal, terkait keputusan tentu menunggu rapat resmi antara pihak pemerintah provinsi DKI dengan DPRD DKI Jakarta.

“Tapi tentu harus menunggu rapat resmi antara Pemda dengan DPRD DKI Jakarta,” tuturnya.

Taufik juga meminta pemerintah tidak pukul rata menaikkan tarif Transjakarta rute lainnya yang bisa memberatkan masyarakat.

Usulan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ)

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) sebelumnya mengusulkan soal tarif layanan TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soetta sebesar Rp5.000 per penumpang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tarif Rp5.000 ini merupakan nilai yang didapat setelah adanya pemotongan subsidi tiket (Public Service Obligation/PSO). Jika tidak ada PSO, tarif yang dikenakan bisa Rp12.000.

Uji coba layanan TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta masih berlanjut sambil membahas besaran tarif. Bedanya, jam operasional layanan tersebut ditambah. Jam operasional yang semula pukul 06.00-09.00 WIB menjadi pukul 05.30-09.05 WIB.

Sedangkan sorenya pukul 18.00-21.00 WIB berubah menjadi pukul 16.30-21.05 WIB. Diketahui, jarak antara Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta yakni 8,6 kilometer.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : detikNews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *