Efek Rumah Kaca Hadirkan Adrian Yunan dalam Konser Rimpang

Salah satu momen spesial dalam konser Rimpang dari Efek Rumah Kaca (ERK) yang digelar di Tennis Indoor Senayan, pada Kamis, 27 Juli 2022, adalah kehadiran mantan bassist Adrian Yunan.

Adrian tampil sebagai vokalis membawakan nomor-nomor dari album ketiga ERK, Sinestesia, dan juga track klasik ERK seperti “Cinta Melulu” dan “Di Udara.” Sayangnya, Adrian tampil tanpa banyak bicara selain menyapa penonton yang disebut vokalis Cholil Mahmud berjumlah 3.000 orang.

Rimpang sendiri merupakan tajuk konser yang diambil dari nama album keempat ERK. Konser ini menampilkan sejumlah kolaborator antara lain Ucok “Homicide,” Anda Perdana, Sivia Azizah, Ubiet, hingga The Adams.

Total 27 lagu dibawakan ERK dalam konser yang dipromotori oleh Plainsong Live ini.

Hadirnya Adrian dalam panggung ERK cukup menjadi penawar rindu formasi awal ERK. Adrian sendiri sudah tak aktif menjadi bassist ERK sejak 2017 karena alasan kesehatan. Dalam perjalanannya sebagai musisi, Adrian mengalami perubahan kondisi fisik terkait penglihatan.

Didiagnosa alami retinitis pigmentosa, Adrian kehilangan penglihatan secara total. Hal itu tak membuat semangat Adrian bermusik surut. Lepas dari Efek Rumah Kaca, Adrian menekuni karier sebagai musisi solo. Album debut Adrian, Sintas, berhasil memperdengarkan musikalitas Adrian yang unik, dalam merespons beragam peristiwa sederhana sehari-hari, dengan pemaknaan yang dalam dan filosofis.

Pada 2018, Adrian tampil di Paris, Prancis, dalam acara UNESCO/Emir Jaber Al Ahmad Al Jaber Al Sabah Prize for Digital Empowerment of Persons with Disabilities. Ajang penghargaan tingkat dunia itu dikhususkan untuk para penyandang disabilitas yang memiliki peranan penting dalam pemberdayaan bidang teknologi dan komunikasi informasi terkait aspek sosial.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *