Pemilu Spanyol Berujung Tanpa Kepastian Pembentukan Pemerintahan

Tidak ada satu pun partai atau blok yang akan memenangkan mayoritas langsung dalam pemilihan umum Spanyol. Namun kubu Konservatif yang dimotori Partai Rakyat (PP) ditetapkan untuk memenangkan pemilihan pada Minggu 23 Juli 2023.

Tetapi hingga kini tanpa mayoritas yang diperlukan untuk menggulingkan pemerintahan koalisi Perdana Menteri Sosialis Pedro Sanchez.

PP berada di jalur untuk mengamankan 136 dari 350 kursi di Kongres Deputi, majelis rendah parlemen Spanyol.

Partai Pekerja Sosialis Spanyol yang dipimpin Sanchez siap untuk mengambil 122 kursi, dua lebih banyak dari yang ada di badan legislatif yang akan keluar.

Meskipun Sosialis kemungkinan besar dapat meminta 31 kursi dari aliansi sayap kiri Sumar (Pasukan Penggabungan) dan beberapa partai kecil untuk mengumpulkan lebih dari jumlah partai sayap kanan Spanyol, ada kemungkinan nyata bahwa tidak ada pihak yang dapat mengamankan mayoritas.

Partai Vox yang berhaluan sayap kanan memiliki 33 kursi. Mereka dianggap masih merupakan kekuatan terbesar ketiga di parlemen dan ikatan hipotetis mereka dengan PP.

Jajak pendapat pra-pemilihan telah memperkirakan kemenangan yang lebih besar bagi PP dan kemungkinannya untuk berkoalisi dengan Vox.

Hasil yang dekat dapat menyebabkan perebutan politik selama berminggu-minggu. Perdana menteri berikutnya hanya akan dipilih setelah legislator dilantik di parlemen baru.

‘Negara yang terbagi’

Pablo Calderon Martinez, seorang profesor di Universitas Northeastern, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa hasil pemilihan pendahuluan mengungkapkan “negara yang terpecah belah” karena kedua blok tersebut tidak mencapai mayoritas.

“Akan menarik untuk melihat bagaimana mereka merundingkan pemerintahan berikutnya,” kata Calderon Martinez.

Dia mengatakan blok sayap kiri telah tampil lebih baik dari yang diperkirakan oleh sebagian besar jajak pendapat.

“Kubu Sosialis akan menjadi yang lebih bahagia dari keduanya,” katanya, menambahkan bahwa itu adalah “kesimpulan yang sudah pasti” bahwa PP akan menjadi partai terbesar di Kongres.

Percepatan pemilu

Sosialis dan anggota junior dari pemerintah koalisinya kalah dari partai konservatif dan partai sayap kanan Vox dalam pemilihan regional dan lokal pada bulan Mei, mendorong Sanchez untuk menyerukan pemilihan awal Minggu.

Sebagian besar jajak pendapat selama kampanye memperkirakan bahwa pemungutan suara nasional akan berjalan dengan cara yang sama tetapi mengharuskan PP untuk mengandalkan dukungan dari Vox untuk membentuk pemerintahan, dengan kandidat dari PP, Alberto Nunez Feijoo sebagai pemimpinnya.

Pemerintahan PP-Vox berarti anggota Uni Eropa lainnya telah bergerak dengan tegas ke kanan, tren yang terlihat baru-baru ini di Swedia, Finlandia, dan Italia.

Negara-negara seperti Jerman dan Prancis khawatir tentang perubahan seperti apa yang akan terjadi pada kebijakan imigrasi dan iklim UE.

Sementara dua partai kiri utama Spanyol adalah partisipasi pro-Uni Eropa. Di sayap kanan, PP juga berpihak pada UE. Vox, dipimpin oleh Santiago Abascal, menentang campur tangan UE dalam urusan Spanyol.

Pemilihan itu dilakukan saat Spanyol memegang jabatan presiden bergilir UE. Sanchez berharap menggunakan jangka waktu enam bulan untuk menunjukkan kemajuan yang telah dibuat pemerintahnya. Kekalahan pemilihan untuk Sanchez dapat membuat PP mengambil alih kendali kepresidenan UE.

Para pemilih menerjang suhu musim panas yang melonjak untuk memberikan suara mereka pada hari Minggu. Datang pada akhir bulan gelombang panas, suhu diperkirakan rata-rata di atas 35 derajat Celcius, atau 5 derajat Celsius hingga 10 derajat Celsius di atas normal di banyak bagian negara. Pihak berwenang mendistribusikan penggemar ke banyak stasiun.

“Kami mengalami panas, tetapi hak untuk menggunakan suara kami dengan bebas lebih kuat daripada panas,” kata Rosa Maria Valladolid-Prieto, 79, di Barcelona.

Sánchez adalah salah satu yang pertama memberikan suara, memberikan suaranya di tempat pemungutan suara di Madrid. Mengomentari kemudian tentang banyaknya media asing yang meliput pemilihan, dia berkata: “Ini berarti bahwa apa yang terjadi hari ini akan menjadi sangat penting tidak hanya bagi kami tetapi juga untuk Eropa dan saya pikir itu juga harus membuat kita merenung.”

Sumar, yang menyatukan 15 partai kiri kecil, dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri kedua Yolanda Díaz, satu-satunya perempuan di antara empat kandidat teratas.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *