Staf Khusus Menkumham Salurkan Total 8.500 Beasiswa PIP ke Pelajar

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Bane Raja Manalu kembali menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) ke para pelajar. Total sudah 8.500 beasiswa yang disalurkan Bane kepada pelajar, di antaranya di Siantar dan Simalungun, serta daerah lain di Sumatera Utara.

“Saya sudah salurkan 8.500 beasiswa kepada anak-anak kita. 1.200 di antaranya pelajar yang bersekolah di Yayasan HKBP wilayah Siantar, Simalungun dan Dairi,” ujar Bane saat memberikan beasiswa kepada 188 pelajar di SMK HKBP Pematang Siantar, Kecamatan Siantar Timur, Sumatera Utara, Kamis (20/7).

Pemberian beasiswa ini tak lepas dari masa lalu Bane yang berasal dari keluarga tidak mampu. Karenanya Bane meyakini salah satu cara keluar dari kemiskinan adalah bersekolah.

“Saya lahir dari keluarga yang miskin. Tahun 1995 ibu saya sudah janda. Dengan seorang diri ibu saya menjadi tulang punggung keluarga. Tapi motivasi saya menjadi orang sukses,” ungkapnya.

Bane percaya, orang miskin dan berasal dari kampung seperti dirinya harus tetap bisa berprestasi dan meraih cita-cita. Untuk itu beasiswa ini salah tujuannya untuk mewujudkan cita-cita para pelajar.

“Semua orang bisa meraih sukses. Yang saya berikan ini mungkin tidak bisa mengatasi banyak masalah buat bapak ibu semuanya.Tapi ini bagian kecil dari yang bisa membantu anak-anak kita. Ini juga harus kita syukuri,” tambah Bane.

Usai memberikan beasiswa kepada 188 pelajar SMK HKBP Pematang Siantar, Bane juga memberikan sekitar 300 beasiswa kepada pelajar yang bersekolah di SD Latihan HKBP Pematang Siantar, SD HKBP Pematang Siantar, SMP HKBP Pematang Siantar, SMA HKBP Pematang Siantar, SMK 1 HKBP Pematang Siantar, dan SMIP HKBP Pematang Siantar.

Sarmina Gultom, orang tua salah seorang siswa SMK HKBP Pematang Siantar mengatakan sangat terharu dengan pemberian beasiswa dari Bane ini. Dia bahkan berharap anaknya bisa seperti Bane yang berangkat dari kemiskinan, punya keterbatasan, dan dari kampung tapi bisa menjadi orang sukses.

“Doa kami orang tua pun ingin anaknya bisa seperti Pak Bane Raja Manalu. Bisa sukses meskipun dari kampung. Miskin tidak menjadi pembatas mimpi. Itu harapan kita kepada anak-anak,” ungkap pedagang pasar pagi ini.

“Kami sudah sering dengar dan lihat langsung Bane Raja Manalu menemui banyak masyarakat untuk berikan bantuan. Belum anggota DPR, Bane Raja Manalu sudah salurkan 8.500 beasiswa. Kami akan mendukung dan menjadi relawan Bane Raja Manalu,” ujarnya.

Untuk diketahui, Bane sendiri juga telah mendirikan Yayasan Bagak untuk membantu banyak masyarakat di Sumut. Mulai Dari pemberian beasiswa, pemberdayaan UMKM, pembagian sembako, serta pembagian susu kepada balita serta ibu hamil.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribun

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *