Banjir Parah Landa New York, Satu Orang Perempuan Tewas Hanyut

Hujan lebat menyebabkan banjir yang ‘mengancam jiwa’ pada Minggu 9 Juli 2023, di negara bagian New York, Amerika Serikat (AS). Kondisi itu mengubah jalan menjadi saluran air yang mengamuk, menyapu jembatan dan membuat gubernur mengumumkan keadaan darurat.

“Seorang wanita tewas ketika mencoba meninggalkan rumahnya dengan anjingnya di Lembah Hudson ketika dia hanyut dalam banjir bandang,” kata beberapa laporan media, seperti dikutip AFP, Senin 10 Juli 2023.

Gubernur Kathy Hochul menyatakan keadaan darurat di Orange County, barat laut New York City, dan di Ontario County di bagian tengah negara bagian, mencatat bahwa hujan setinggi delapan 200 mm telah menciptakan “kondisi yang mengancam jiwa akibat kilat banjir.”

“Kami mendekati titik kritis dalam peristiwa cuaca ini,” ucap Hochul.

Kantor Gubernur Hochul mengatakan, pada Minggu malam, lebih dari 12.000 pelanggan kehilangan listrik.

Hujan deras menyapu jalan raya dan membuat orang terdampar di mobil dan rumah mereka.

National Weather Service (NWS) atau Layanan Cuaca Nasional mengatakan “menerima banyak laporan tentang banjir yang signifikan dan orang-orang yang terjebak di dalam kendaraan di wilayah Orange timur.”

“Ingat Berputar Jangan Tenggelam,” pihak NWS memperingatkan pengemudi.

Pada pukul 20:00, jalan raya ditutup di setidaknya lima wilayah kecil, termasuk Westchester County, yang terletak tepat di utara Kota New York, dan berbatasan dengan Sungai Hudson.

Kantor gubernur mengatakan negara bagian akan mengalami lebih banyak badai pada hari Senin.

“Curah hujan yang berlebihan yang disebabkan oleh badai yang bergerak lambat kemungkinan akan terus menyebabkan banjir bandang dan banjir sungai kecil hingga sedang yang terisolasi malam ini hingga Senin,” sebut pernyataan itu.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *