Jokowi Resmikan Papua Street Carnival Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja hari ketiga di Pulau Papua, Jumat (7/7/2023). Jokowi akan mengawali kegiatannya dengan melakukan pertemuan dengan para pelajar Papua.

Setelahnya, Jokowi akan membuka sekaligus meresmikan Papua Street Carnival yang digelar di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura.

Pada siang hari, usai melaksanakan ibadah salat Jumat, Jokowi akan berkunjung ke Pasar Pharaa, Kabupaten Jayapura. Di sana dia diagendakan meninjau harga sejumlah komoditas pangan dan membagikan bantuan kepada para pedagang.

Mengakhiri rangkaian kegiatan di Pulau Papua, Jokowi diagendakan untuk melakukan peninjauan di Waibu Agro Ecotourism, Kabupaten Jayapura.

Setelahnya, Presiden bersama rombongan akan bertolak kembali menuju Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura.

Papua Street Carnival akan dihelat pertama kalinya Jumat, 7 Juli 2023, pukul 07.30 WIT, yang dipusatkan di depan Kantor Gubernur Papua di Jayapura.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan bahwa karnaval tersebut merupakan perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif (parekraf) di seluruh wilayah Papua.

Ia menjelaskan acara yang dirancang digelar tahunan itu sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023.

Papua Street Carnival mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spririt). Acara itu berkiblat pada kemeriahan Rio Carnival, pesta karnaval Rio de Janeiro di Brasil, mengingat lokasinya sama-sama di tepi pantai. Rencananya karnaval akan menampilkan parade ratusan busana karnaval dengan melibatkan ribuan pengisi acara.

Kegiatan tersebut juga akan disemarakkan dengan pameran ratusan UMKM kreatif dengan ribuan pelaku ekonomi kreatif. Di samping itu, panitia juga menyiapkan ratusan perahu hias.

“Ini nantinya bisa menjadi agenda event tahunan dan bisa seperti Rio Carnival di Brasil, atau Mardi Gras Festival di Amerika. Kalau di Indonesia mungkin mirip saudaranya yang ada di Jawa Timur, yaitu Jember Fashion Carnaval,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

Diharapkan Memberi Dampak Ekonomi dan Pariwisata Indonesia

Menparekraf Sandiaga juga menyampaikan, kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari komunitas Papua Youth Creative Hub, seniman, perajin, pelaku industri kreatif Papua dan juga akan menampilkan pameran produk-produk kreatif lokal yang mencerminkan keahlian dan kreativitas warga Papua.

Acara Papua Street Carnival ini diharapkan akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, berdampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

“Kami berharap, Papua menunjukkan pada wilayah lain dan dunia, bahwa Papua adalah tempat dengan sejuta potensi dan harta berharga. Dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif di Indonesia, menerbitkan banyak seniman-seniman lokal yang berbakat, serta membawa nama baik Indonesia di nasional maupun internasional,” ujar Sandiaga.

“Mohon doanya agar berlangsung sukses dan jadi ajang tahunan,” Sandi berharap.

Melansir Antara, Rabu (5/7/2023), Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey menginstruksikan agar dinas lingkungan hidup dan kebersihan dan dinas pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan kawasan permukiman (PUPR) setempat agar segera memperbaiki lampu jalan dan membersihkan jalan yang akan dilalui peserta karnaval.

“Kami juga minta agar seluruh masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” kata Frans.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *