Ultah ke-27, Cokelat Reuni ke Formasi Awal

Grup musik Cokelat resmi reuni dengan formasi awal bertepatan dengan ulang tahun band yang ke-27. Hal itu diungkap oleh produser musik Jan Djuhana yang juga menampilkan perayaan ulang tahun band tersebut.

“Selamat ulang tahun yang ke-27 Cokelat Band. Senang sekali sekarang sudah kembali dengan formasi awal,” tulis Jan Djuhana di Instagram pada Senin (3/7) sembari menyertakan foto bersamanya dengan lima personel orisinal Cokelat.

Dalam foto tersebut, nampak seluruh personel awal Cokelat yakni Kikan, Ernest, Ronny, Ervin, dan Edwin turut berdiri mendampingi sang produser.

Sebelum diumumkan oleh Jan Djuhana, akun Instagram resmi Cokelat juga telah mengindikasikan kabar comeback mereka pekan lalu, Minggu (25/7).

Menyertakan foto terbaru band, Cokelat kembali memperkenalkan karakter masing-masing personel mereka di takarir unggahan tersebut.

“Happy birthday to us! Semoga di umur yang ke-27 ini, dengan segala perbedaan karakter yang ada, kita semua selalu saling menjaga dan terus bersemangat untuk maju bersama sebagai Cokelat,” tulis pengumuman tersebut.

Berkarier selama 27 tahun di industri musik Indonesia, grup musik Cokelat kerap diwarnai momen gonta-ganti personel. Selama beberapa saat, sang pemain bas Ronny Febry sempat menjadi satu-satunya personel awal yang tersisa di formasi panggung Cokelat.

Perjalanan Cokelat untuk tetap utuh memang tak mudah. Mulai dari hengkangnya sang vokalis, Kikan dan Ervin Syam Ilyas, sang drummer di 2010. Personel pun sempat berganti dengan Sarah Hadju yang duduk di kursi vokalis dan posisi drum dipegang oleh Otto Trijati Pambudi.

Satu setengah tahun kemudian, Cokelat harus kembali sibuk mencari vokalis. Alasan ketidakcocokan menjadi sebab Sarah keluar dari grup musik ini.

Akhirnya pada 2011, Cokelat mengadakan audisi pencarian vokalis dan menambatkan pilihan pada sosok Jackline Rossy yang resmi menjadi vokalis Cokelat pada 2012.

Selang tiga tahun, gebukan drum Otto untuk Cokelat harus terhenti. Resmi digantikan oleh Axel Andaviar pada awal 2018, Cokelat pun memulai kembali dengan formasi Ronny, Jackline, Edwin, dan Axel selama beberapa tahun.

Mulai pertengahan tahun lalu, Cokelat mulai mengindikasikan comeback bareng Kikan dan para personel orisinal. Momen tersebut terlihat melalui unggahan di akun media sosial band tepat pada perayaan HUT RI ke-77, 17 Agustus 2022.

Dalam cuplikan itu, Cokelat memperkenalkan kembali satu per satu sosok personel orisinal mereka.

Kini, Cokelat telah kembali dengan formasinya yang paling ikonis. Kelima personel tersebut adalah Edwin (gitar), Ernest (gitar), Ronny (bass), Ervin (drum), serta Kikan (vokal).

Cokelat sendiri terbentuk pada 1996 silam dan telah enam merilis 7 album penuh sebagai penanda kiprah panjang mereka dalam arus musik populer Indonesia.

Tujuh album tersebut adalah Untuk Bintang (2000), Rasa Baru (2001), Segitiga (2003), Dari Hati (2004), Untukmu Indonesiaku (2006), Tak Pernah Padam (The Best of) (2006), serta Panca Indera (2008).

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *