Tornado Hantam Texas dan Tewaskan 4 Orang

Tornado merobek kota Matador di Texas utara, Amerika Serikat (AS). Angin kencang menewaskan empat orang dan melukai beberapa lainnya serta merusak puluhan bangunan.

“Mendarat pada Rabu pukul 20.00 (waktu setempat), tornado yang belum pernah terjadi sebelumnya, membawa angin kencang dan kencang ke komunitas kecil yang terdiri dari sekitar 600 penduduk” kata Lubbock Fire Rescue.

Dikutip oleh News Daily, Jumat, 23 Juni 2023, badan tersebut adalah salah satu dari beberapa kru darurat di wilayah tersebut yang bergabung dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

“Setidaknya sepuluh orang diangkut ke rumah sakit daerah, satu diantaranya meninggal,” kata penegak hukum pada jumpa pers pada Kamis pagi.

“Kota sebesar ini dengan populasi yang kecil, dengan jumlah kerusakan yang mereka alami, bukan hanya kerusakan fisik tetapi dampak ekonomi dan emosional yang akan terjadi di kota ini sangat signifikan,” ucap petugas Informasi Publik Penyelamatan Kebakaran Lubbock, Derek Delgado.

Video setelahnya menunjukkan serangkaian rumah rata dengan puing-puing dan kabel listrik tumbang.

Sekitar dua lusin kendaraan darurat membantu menerangi jalan yang gelap dalam video yang dibagikan oleh badan pemadam kebakaran di kota terdekat Lubbock.

Listrik padam ke sebagian besar pelanggan di Motley County, menurut PowerOutage.us. Pemadaman yang meluas membentang 209 kilometer di selatan Matador.

Kru berharap untuk memulihkan listrik di Matador pada Jumat malam setelah badai merusak gardu induk.

Layanan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan sekitar pukul 20.00 tentang tornado menuju Matador dan mendesak warga untuk berlindung.

Pekan lalu, wilayah Perryton, Texas, dilanda satu atau lebih tornado, yang menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai puluhan lainnya. Ratusan rumah rusak dan hancur parah akibat angin kencang itu.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *