20 Kios di Pasar Ciawitali Garut Terbakar

Puluhan kios di blok G Pasar Ciawitali, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut terbakar, pada Rabu, 24 Mei 2023, sekitar pukul 21.30 WIB. Kejadian itu, tidak menyebabkan korban jiwa tetapi 20 kios milik pedagang hangus terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, Eded Komara, mengatakan pihaknya menerima informasi adanya kebakaran yang menghanguskan beberapa kios milik pedagang.

“Awal kebakaran itu terjadi dari salah satu kios berada di tengah blok G yang terdengar suara ledakan hingga merebet ke kios lainya setelah tertiup angin dan belum dipastikan dari tabung gas tapi dugaan dari jaringan listrik, namun dari keterangan warga pasar di sekitar lokasi menyebutkan sebelum kebakaran ada ledakan dulu,” kata Eded, Kamis, 25 Mei 2023.

Eded mengatakan pihaknya menurunkan empat kendaraan damkar agar proses pemadaman berlangsung cepat sehingga tidak meluas ke kios lainnya. Proses pemadaman akhirnya bisa dilakukan para petugas gabungan bersama masyarakat.

“Barang yang mereka miliki kondisinya telah hangus terbakar tanpa tersisa utuh, namun tim gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD tetap siaga karena kondisi sekarang hujan belum turun sejak beberapa hari dan antisipasi masih terus dilakukannya. Akan tetapi, dari kejadian ini agar para pedagang harus selalu waspada supaya kebakaran tidak terulang,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, mengatakan kebakaran pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, dari hasil yang didapat dari pedagang maupun petugas keamanan pasar tersebut dari arus pendek konsleting di kios penggilingan baso.

“Untuk memastikan tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa kebakaran tersebut, akan tetapi taksiran kerugian diperkirakan lebih dari Rp 300 juta. Namun, anggota siap siaga dalam peristiwa tersebut untuk memberi pelayanan bagi masyarakat,” paparnya.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *