Badminton Indonesia Juara Umum SEA Games 2023 dengan Skuad Muda

Badminton Indonesia akhirnya kembali menjadi juara umum di SEA Games 2023 setelah dalam tiga edisi terakhir kehilangan gelar tersebut.

Hebatnya Indonesia menurunkan skuad pemain muda untuk tampil di SEA Games 2023. Jadwal ajang SEA Games 2023 yang beririsan Sudirman Cup 2023 membuat PBSI memutuskan untuk mengirim sebagian besar pemain muda ke Kamboja.

Total Indonesia meraih 5 emas, 3 perak, 3 perunggu pada cabang badminton SEA Games 2023. Tim Merah Putih sukses mengalahkan Thailand yang mengoleksi 2 emas, 2 perak, dan 3 perunggu.

Sementara posisi ketiga ditempati tuan rumah Kamboja dengan satu medali emas. Selebihnya tidak ada negara yang berhasil meraih medali emas di cabang badminton SEA Games 2023.

Medali emas pertama diraih Indonesia dari nomor beregu putra. Indonesia sukses mengalahkan Malaysia 3-1 pada laga final yang berlangsung di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh.

Di nomor perorangan badminton SEA Games 2023, Indonesia nyaris menyapu bersih medali emas. Hanya di nomor tunggal putri Indonesia gagal meraih medali emas.

Dua nomor berlangsung all Indonesian final. Di tunggal putra, Christian Adinata berhasil mengalahkan Chico Aura Dwi Wardoyo di final. Sedangkan di ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi sukses menaklukkan Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose.

Sementara dua medali emas lainnya direbut Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dari nomor ganda campuran dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di nomor ganda putra.

Ini adalah kali pertama sejak SEA Games 2015 di Singapura tim badminton Indonesia menjadi juara umum. Setelah menguasai status juara umum badminton SEA Games sepanjang 1977 hingga 2015, Indonesia selalu kalah dalam tiga edisi berikutnya sebelum kembali menjadi juara umum tahun ini.

Hasil Badminton Indonesia di SEA Games 2023
Medali Emas:

1. Beregu putra
2. Christian Adinata (tunggal putra)
3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (ganda putri)
4. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran)
5. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan (ganda putra)

Medali Perak:

1. Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra)
2. Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose (ganda putri)
3. Beregu putri

Medali Perunggu:

1. Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri)
2. Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri)
3. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (ganda putra).

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *