Stephen Colbert hingga SNL Tayang Siaran Ulang Imbas Mogok Penulis

Sejumlah program televisi memutuskan untuk menayangkan siaran ulang imbas adanya aksi mogok kerja yang dilakukan para penulis dari Writers Guild of America (WGA).
Beberapa program di antaranya adalah The Late Show with Stephen Colbert, Jimmy Kimmel Live!, hingga Saturday Night Live.

Penayangan ulang episode dari program-program tersebut dimulai pada Selasa (2/5) waktu Amerika, tepat di hari aksi mulai bergulir.

“Acara-acara tengah malam akan menayangkan episode berulang sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata seorang sumber kepada CNN, Selasa (2/5).

Saturday Night Live awalnya direncanakan untuk menayangkan episode baru pada Sabtu (6/5) dengan menampilkan Pete Davidson sebagai pembawa acara dan Lil Uzi Vert sebagai bintang tamu.

Namun, karena adanya aksi tersebut, rencana penayangan episode baru itu dibatalkan dan akhirnya memutuskan untk menayangkan episode lama.

Begitu pula dengan Seth Meyers dan Jimmy Fallon yang masing-masing memandu acara Late Night with Seth Meyers dan The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

Keduanya menghormati aksi mogok kerja itu dan tidak akan menayangkan episode baru.

Lebih dari 11 ribu penulis yang tergabung dalam WGA melakukan aksi mogok kerja pada Selasa (2/5).

Mereka memutuskan untuk turun ke jalan setelah tidak menemukan titik terang dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers terkait kontrak kerja.

Beberapa studio yang masuk dalam aliansi tersebut termasuk Netflix, Amazon, Apple, Disney, hingga Sony. Lalu ada ABC, CBS, FOX, dan NBC.

Adapun kontrak kerja WGA saat itu berakhir sebelum Selasa (2/5) tengah malam.

Aksi mogok ini dilakukan untuk menyuarakan tuntutan WGA kepada perusahaan tempat kerja mereka, termasuk studio produksi. Mereka menuntut soal kesempatan kerja hingga kelayakan upah.

Pihak studio mengungkapkan bahwa diskusi bersama WGA baru berakhir Senin (1/5) malam, hanya beberapa jam sebelum hari aksi.

Mereka mengatakan bahwa pihak studio berkenan untuk memenuhi tuntutan, namun tidak semua bisa dipenuhi.

Ini merupakan aksi mogok kerja pertama yang dilakukan WGA setelah 15 tahun. Mereka pernah melakukan aksi yang dimulai pada November 2007 hingga berakhir pada Februari 2008.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *