Gelombang Panas Dahsyat Landa Asia, Bangladesh Paling Parah

Gelombang panas terasa cukup parah akhir-akhir ini, terutama di Asia. Paling parah gelombang panas menyerang negara di Asia Selatan, terutama Bangladesh.

Badan Meteorologi di Bangladesh, Myanmar, India, Tiongkok, Thailand, dan Laos melaporkan peningkatan suhu panas lebih dari 40 derajat Celcius.

Tiongkok mencatat suhu tinggi sepanjang sejarah pengamatan pada April ini. Mereka mencatat suhu 42,4 derajat Celcius di Yuanyang.

“Di situasi puncak arus mudik meningkat dengan pengurangan waktu tempuh yang ada ini kabar baik kita semua. Ini menjadi evaluasi untuk perbaikan di tahun yang akan datang,” ujarnya.

Sementara di Jepang, mencapai panas hingga 30 derajat Celcius pekan lalu. “Panas menyebar ke Jepang dan Korea Selatan,” kata pakar klimatologi dan sejarah Maximiliano Herrera, dilansir dari CNN, Selasa, 25 April 2023.

Bangladesh yang paling parah, dengan suhu maksimum harian sebesar 51,2 derajat Celcius pada 17 April lalu, yakni di Kota Kumarkhali, Kushtia.

Sementara itu, salah satu kota di Myanmar, Chauk menjadi wilayah paling sering dilanda suhu ekstrem dalam sepekan terakhir. Kota tersebut mengalami suhu panas ekstrem sebanyak empat kali.

Suhu panas Indonesia

Suhu tertinggi yang melanda Chauk terjadi pada 20 April 2023, yakni mencapai 45,5 derajat celcius.

BMKG juga mengungkapkan suhu panas di Indonesia. Menurut keterangan mereka, Indonesia sebetulnya tidak mengalami gelombang panas. Namun, suhu maksimum udara permukaan juga tergolong panas.

Adapun suhu tertinggi di Indonesia sejauh ini terjadi di Ciputat, Tangerang Selatan pada 17 April 2023. Di mana suhu di wilayah itu mencapai 37,2 derajat celcius.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Surya Kepri

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *