Lepas 13.541 Pemudik, Heru Budi Minta Warga Sabar Kalau Temui Kemacetan di Perjalanan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas keberangkatan bus yang mengangkut para pemudik dari DKI Jakarta menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi melalui program mudik gratis Jakarta 2023.

Mengusung tema ‘Mudik Nyaman, Silaturahmi Lancar’, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melepas 284 bus yang mengangkut 13.541 penumpang. Heru mengimbau warga peserta mudik tetap bersabar, jika selama perjalanan kemacetan masih ditemui.

“Tentunya saya imbau untuk menjaga kesehatan. Menjaga supaya kita tetap sabar di dalam (perjalanan) ke kampung halaman, jika nanti di dalam perjalanan mengalami kemacetan,” kata Heru di Monumen Nasional (Monas), Senin (17/4/2023).

Heru mengungkapkan, program mudik gratis 2023 dapat terselenggara atas kerja sama dengan Baznas, Bank DKI, hingga Transjakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pihaknya telah memverifikasi seluruh peserta mudik dan memastikan semuanya memenuhi persyaratan.

Syafrin menyatakan, dari hasil verifikasi terhitung sebanyak 24.164 pemudik siap diberangkatkan menuju kota tujuannya masing-masing. Awalnya, kata Syafrin pendaftar mudik gratis membludak hingga 28.506 pendaftar.

“Oleh karena itu kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi, dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik (yang memenuhi persyaratan),” kata Syafrin.

Jumlah ini kata Syafrin, naik 25,3 persen dari target yang telah ditetapkan. Sehingga, pihaknya menambah 18 armada bus dari 482 bus menjadi 500 bus untuk armada arus mudik dan arus balik yang dianggarkan Pemprov DKI.

Program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2023 ini mengantarkan pemudik dengan tujuan Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Provinsi Sumatera Selatan), Kuningan dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat), Tegal, Pekalongan.

Dishub DKI Berangkatkan 13 Truk Angkut Motor

Lalu, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Provinsi Jawa Timur).

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta juga memberangkatkan 13 truk yang mengangkut 281 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulo Gadung menuju tujuh kota seperti Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

Sementara untuk arus balik, penumpang ditargetkan dapat membawa sebanyak 10.623 penumpang menggunakan 216 bus dari 19 kota asal pemberangkatan menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Sehingga, total penumpang yang mengikuti program mudik gratis Jakarta 2023 nantinya, ada sebanyak 24.164 penumpang mudik dan balik.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Sindonews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *