Parah! Ledakan di Peternakan Sapi Perah AS, 18.000 Ternak Mati

Ledakan berapi-api di sebuah peternakan Texas menewaskan lebih dari 18.000 ternak dan melukai seorang pekerja secara kritis. Ini digambarkan sebagai kebakaran gudang paling mematikan bagi ternak dalam sejarah Amerika Serikat (AS).

“Api melahap kandang Peternakan Sapi Perah Southfork di Dimmitt pada Senin 10 April malam (waktu setempat. Saat itu ternak sedang menunggu untuk diperah,” kata pihak berwenang kepada kantor berita lokal KCBD-TV, seperti dikutip Stuff, Jumat 14 April 2023.

Seorang pekerja peternakan sapi perah yang diselamatkan dari gedung dibawa ke rumah sakit dan dalam kondisi kritis namun stabil.

Penyelidik belum menentukan penyebab kebakaran, tetapi Sheriff Castro County Sal Rivera mengatakan kepada KCBD-TV bahwa peralatan listrik yang terlalu panas yang digunakan untuk menyedot limbah dari kandang mungkin telah memicu metana.

Foto dan video kebakaran yang diposting ke media sosial menunjukkan kepulan asap hitam tebal yang membubung dari api.

“Ini membingungkan,” kata Wali Kota Dimmitt, Roger Malone kepada USA Today.

“Kurasa itu belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar sini. Ini benar-benar tragedi,” imbuhnya.

Itu adalah insiden tunggal kematian ternak terbesar di AS sejak Institut Kesejahteraan Hewan, sebuah kelompok advokasi hewan, mulai melacak kebakaran gudang dan peternakan pada 2013.

Texas menempati urutan keempat secara nasional dalam produksi susu dan merupakan rumah bagi sekitar 625.000 sapi yang menghasilkan hampir 16,5 miliar pon susu per tahun, menurut Texas Association of Dairymen.

Sementara Castro County adalah county penghasil tertinggi kedua di Texas, dengan 15 perusahaan susu memproduksi sekitar 11 persen susu negara bagian.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *