Tanah Longsor Terjang Ekuador, 16 Orang Tewas 7 Hilang

Tanah longsor berskala masif melanda komunitas Andes di Ekuador tengah, mengubur puluhan rumah dan menewaskan setidaknya 16 orang serta melukai 16 lainnya pada Senin, 27 Maret 2023. Sekretariat Manajemen Risiko Ekuador melaporkan masih adanya tujuh orang masih hilang, beberapa jam setelah tanah longsor menerjang Alausí, sekitar 220 kilometer dari ibu kota Quito.

Mengutip dari NPR, sekretariat tersebut memperkirakan 500 orang dan 163 rumah terkena dampak bencana longsor di Ekuador, yang juga menghancurkan sebagian dari Jalan Raya Pan-Amerika.

Gubernur Chimborazo, Ivan Vinueza, mengatakan bahwa beberapa korban luka telah dibawa ke rumah sakit daerah. Otoritas setempat awalnya mengeluarkan perintah evakuasi karena risiko tanah longsor baru yang akan segera terjadi, tetapi mereka mencabutnya beberapa jam kemudian.

Warga sekitar mengatakan kepada media lokal bahwa mereka mendengar suara gemuruh di gunung sebelum tanah longsor, yang diperkirakan memiliki lebar sekitar 150 meter dan panjang 1 kilometer. Terjangan longsor ini menyeret pepohonan, rumah dan bangunan lainnya.

Petugas pemadam kebakaran dari enam kota dikirim ke area terdampak longsor untuk membantu. Tim pencari bekerja sepanjang hari dalam menelusuri hunian warga yang hancur diterjang longsor.

Video dari kamera yang terhubung ke jaringan layanan darurat Ekuador menunjukkan penduduk melarikan diri dari rumah mereka dengan bantuan tetangga. Video juga menunjukkan banyak orang mengangkut peralatan dan barang-barang lainnya dengan kendaraan.

Badan tanggap darurat Ekuador mengatakan 60 persen layanan air minum di Alausi terkena dampak tanah longsor. Kantor komunikasi Presiden Guillermo Lasso mengatakan, sejumlah tempat penampungan telah didirikan dan beberapa sekolah akan beralih ke kelas daring.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *