Pintu Air Sunter Hulu Siaga 3, BPBD DKI Imbau 21 Wilayah Ini Waspada Banjir

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Kamis 23 Februari 2023 malam hingga Jumat (24/02/2023) ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan Pintu Air Sunter Hulu berada pada posisi siaga tiga dengan status waspada pada Jumat (24/2/2023). Data pintu air itu tercatat per pukul 07.00.00 WIB.

Berdasarkan pantauan BPBD DKI Jakarta, terjadi kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di Pintu Sunter Hulu. Dimana TMA Sunter Hulu telah mencapai 150 centimeter (cm).

Adapun kronologi kenaikan TMA Pintu Air Sunter Hulu terjadi sejak pukul 05.00 WIB, dimana TMA sebesar 115 cm dan naik menjadi 150 cm pada pukul 06.00 WIB. Naik kembali menjadi 150 cm pada pukul 07.00 WIB.

BPBD mengimbau agar warga di 21 wilayah aliran sungai antisipasi dan waspada banjir. Air diprakirakan mengalir sampai Pintu Air Pulo Gadung sekitar 4 jam ke depan.

“Antisipasi lebih kurang 4 jam ke depan air akan sampai di Pintu Air Pulo Gadung,” kata BPBD DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi @bpbdkijakarta, Jumat (24/2/2023).

Adapun 21 wilayah yang dimaksud antara lain Bambu Apus, Cilangkap, Pondok Ranggon, Setu, Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Duren Sawit.

Kemudian Jatinegara Kaum, Kayu Putih, Pulo Gadung, Sumur Batu, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, Sungai Bambu.

Hujan Guyur Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan curah hujan dengan intensitas ringan mendominasi hingga Jumat (24/2/2023) malam nanti.

BMKG lewat peringatan dini cuaca juga mengungkap adanya potensi hujan dibarengi petir dan angin kencang di sebagian besar DKI Jakarta pada sore hari.

Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari serta wilayah Jakbar, Jakut, dan Kep. Seribu pada dini hari,” kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Jumat.

Kondisi cuaca yang sama juga terjadi untuk keempat daerah penyangga Jakarta. Pagi hari ini, Bogor, Depok, Bekasi serta Tangerang turun hujan ringan.

Siang nanti hujan yang turun dibarengi petir dibarengi petir dan angin kencang yang berlangsung hingga sore hari, terkecuali wilayah Tangerang.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara pagi menjelang siang hingga sore hari di sebagian wilayah Kab. dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Bekasi,” jelas BMKG.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *