Delegasi PBB Tinjau Area Terdampak Gempa di Wilayah Oposisi Suriah

Delegasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan peninjauan langsung ke sejumlah daerah yang dikuasai oposisi Suriah serta wilayah terdampak gempa bumi dahsyat pada Selasa, 14 Februari 2023. Wilayah tersebut hancur akibat gempa bumi magnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin, 6 Februari lalu.

Menurut seorang reporter Anadolu Agency, delegasi PBB memasuki wilayah Suriah dari Turki, tepatnya via perbatasan Bab al-Hawa, menuju provinsi Idlib di barat laut Suriah.

Delegasi PBB dijadwalkan bertemu pimpinan organisasi kemanusiaan dan kelompok masyarakat sipil yang terlibat dalam upaya pemberian bantuan kepada para korban gempa di daerah tersebut, berdasarkan penuturan sumber kepada Anadolu.

Hingga saat ini, tercatat setidaknya 3.688 orang tewas dan lebih dari 14.749 terluka di Suriah akibat dua gempa kuat. Sementara itu, menurut data resmi terbaru di Turki hingga Selasa, setidaknya 31.974 orang tewas dan lebih dari 81.000 lainnya terluka dalam gempa mematikan itu.

Dikutip dari Al Jazeera, angka kematian akibat gempa di Turki dan Suriah terus bertambah. Hingga Rabu ini, total gabungan dari kedua negara tersebut telah melampaui 40.000.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,7 dan 7,6, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, dirasakan oleh 13 juta orang di 10 provinsi di Turki dan juga memengaruhi beberapa negara di wilayah tersebut.

PBB memperkirakan bahwa jumlah korban tewas akibat gempa di Turki dan Suriah dapat melambung hingga menembus angka 56.000.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *