Alec Baldwin Didakwa Pembunuhan Tidak Sengaja atas Penembakan Halyna Hutchins

Aktor Alec Baldwin dan pembuat senjata untuk film Rust, Hannah Gutierrez-Reed, resmi didakwa melakukan pembunuhan tidak disengaja terhadap sinematografer Halyna Hutchins.

Hutchins terkena peluru yang ditembakkan Baldwin saat syuting film Rust pada 22 Oktober 2021.

Dilansir People, Jaksa Distrik Santa Fe Mary Carmack-Altwies mengajukan tuntutan terhadap Baldwin dan Gutierrez-Reed pada Selasa (31/1/2023).

Seorang hakim selanjutnya akan memutuskan apakah akan melanjutkan kasus ini setelah sidang pendahuluan.

Berdasarkan The New York Times, Robert Shilling, penyelidik khusus untuk jaksa wilayah, menulis dalam kemungkinan penyebab kematian.

“Penyimpangan sembrono dari standar dan praktik serta protokol yang diketahui ini secara langsung menyebabkan penembakan yang fatal,” tulis Shilling.

Juru bicara Kantor Kejaksaan Heather Brewer mengatakan, jaksa akan sepenuhnya fokus untuk memberikan keadilan untuk mendiang Halyna Hutchins karena bukti dan fakta bakal berbicara di persidangan.

Di New Mexico, pembunuhan tidak disengaja adalah kejahatan tingkat empat yang dapat dihukum hingga 18 bulan penjara dengan denda 5.000 dollar AS.

Saat syuting, pistol yang dipegang Baldwin ternyata berisi peluru. Namun, Baldwin menegaskan bahwa dia tidak menarik pelatuknya.

Jaksa wilayah dan jaksa penuntut khusus Andrea Reeb sebelumnya mengumumkan pada 19 Januari bahwa Baldwin dan Gutierrez-Reed akan menghadapi dakwaan pidana setelah penyelidikannya.

“Setelah meninjau secara menyeluruh bukti dan undang-undang negara bagian New Mexico, saya memutuskan bahwa ada cukup bukti untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap Alec Baldwin dan anggota kru film Rust lainnya,” kata Andrea Reeb saat itu.

“Bukti jelas menunjukkan pola pengabaian kriminal terhadap keselamatan di set film Rust. Di New Mexico, tidak ada ruang untuk set film yang tidak menganggap serius komitmen negara kita terhadap keamanan senjata dan keselamatan publik,” tuturnya lagi.

Sementara Rust berencana untuk melanjutkan produksi setelah pengumuman tuntutan pidana.

Baik Baldwin dan sutradara Joel Souza yang juga terluka dalam insiden Oktober 2021 itu masih siap untuk melanjutkan film tersebut.

Sebuah sumber sebelumnya mengatakan kepada The New York Times bahwa pembaruan langkah-langkah keamanan akan diberlakukan, dengan larangan amunisi dan senjata kerja.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *