Harga Emas Dunia Berkilau di Tengah Potensi Perlambatan Kenaikan Bunga Fed

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menyampaikan, harga emas kembali menguat dengan mendekati level tertinggi dalam tujuh bulan terakhir karena pertumbuhan pekerjaan AS yang moderat mengisyaratkan perlambatan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve.

“Nonfarm payrolls AS tumbuh sebesar 223 ribu bulan lalu, sekitar 40 ribu di bawah level November dan dengan jumlah terkecil sejak 199 ribu pada posisi Desember 2021, Departemen Tenaga Kerja melaporkan,” kata Ibrahim dalam analisis hariannya, Senin, 9 Januari 2023.

Pertumbuhan penggajian bulan lalu masih jauh di atas perkiraan 200 ribu oleh para ekonom, membuktikan pekerjaan berat yang dilakukan Fed dalam mendinginkan pasar pekerjaan yang tidak terkendali yang mendorong inflasi.

Tetapi pelaku pasar masih bertaruh pada bank sentral melakukan kenaikan suku bunga 25 basis poin pada keputusan kebijakan berikutnya pada Februari, setelah kenaikan 50 basis poin pada Desember dan empat kenaikan berturut-turut sebesar 75 basis poin antara Juni dan November.

“Laporan nonfarm payrolls mendukung harga emas dunia kembali menguat karena Fed lebih sedikit menaikkan suku bunga di tahun ini,” kata Gema Merdeka Goeyardi President and Founder at Astronacci Aviatio dalam catatannya.

“Tanda-tanda pelemahan dolar AS lebih lanjut karena sektor jasa menyusut, ini akan mendukung harga emas sebagai lindung nilai dan akan kembali diminati,” tambah Gema.

Suku bunga AS saat ini berada di puncak 4,5 persen setelah The Fed menambahkan 425 basis poin ke suku bunga sejak Maret. Sebelumnya, suku bunga memuncak hanya 0,25 persen karena bank sentral memangkasnya setelah wabah global pandemi virus korona pada Maret 2020.

“Dalam penutupan pasar Amerika pada Sabtu, harga emas dunia ditutup di US1.866,78 per troy ounce. Sedangkan dalam perdagangan Senin, harga emas dunia akan diperdagangkan di rentang USD1.855,454 per troy ounce hingga USD1.872,30 per troy ounce,” tutup Ibrahim.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribun

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *