Pertumbuhan Ekonomi Singapura Jeblok Jadi 3,8% di 2022

Ekonomi Singapura tumbuh 3,8 persen pada 2022. Data awal menunjukkan mengalahkan ekspektasi, pemerintah tetapi lebih lambat dari tahun sebelumnya.

Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat 2,2 persen pada Oktober-Desember secara tahunan, Kementerian Perdagangan dan Industri mengatakan dalam sebuah pernyataan. Delapan ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan pertumbuhan 2,1 persen.

PDB tumbuh 0,2 persen pada basis penyesuaian musiman kuartal-ke-kuartal pada Oktober-Desember. “Sangat memprihatinkan ada sedikit penurunan jasa-jasa kuartal-ke-kuartal. Ini menunjukkan dampak perlambatan global pada sektor jasa-jasa berorientasi eksternal, dan bahwa pertumbuhan lebih lanjut dari level saat ini akan lebih sulit dicapai pada 2023,” kata Analis MUFG Jeff Ng.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan dalam pesan Tahun Barunya prospek internasional tetap bermasalah, yang akan mempengaruhi perekonomian negara kota tersebut.

Pemerintah Singapura memperkirakan pertumbuhan ekonominya tumbuh pada kisaran 0,5 persen hingga 2,5 persen pada 2023 ini.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : ANTARA News

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *