Persebaya Vs Persik, Aji Sebut Kemenangan Bajul Ijo Dirampok Wasit

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengungkapkan kekesalannya terhadap kinerja wasit yang memimpin laga pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri.

Ia menilai wasit yang memimpin laga, Ginanjar Rahman Latif, kurang fair dalam memimpin pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022) sore.

Kemenangan tim yang sudah di depan mata seolah dirampok oleh keputusannya selaku pengadil lapangan.

“Satu hal yang bisa saya sampaikan, tim kami hampir menuju kemenangan, tetapi dirampok sama wasit,” ujarnya.

Protes itu berawal pada menit ke-90+2 saat Ahmad Nufiandani dijatuhkan oleh kiper Persik Kediri, Dikri Yusron, di kotak penalti. Namun, wasit tidak memberikan hadiah penalti.

Demi menghindari dugaan mengambinghitamkan wasit atas hasil imbang, Aji Santoso sampai menunjukkan bukti rekaman pertandingan saat melakukan konferensi pers seusai pertandingan.

Bukti rekaman pertandingan tersebut penting untuk menilai kinerja wasit yang tidak maksimal maksimal.

“Saya mengatakan yang sebenarnya, memang jujur itu pahit. Ini buktinya semua yang ada di sini (pressroom) bisa melihat,” katanya sambil menunjukkan rekaman berbentuk video.

Aji Santoso menegaskan bahwa tim dengan gentle menerima keputusan wasit saat dihukum penalti di menit ke-10 maupun saat bek Dandy Maulana diganjar hukuman kartu kuning kedua.

“Saya sangat fair, kalau salah, hukum, tidak apa-apa. Saya kena penalti tidak apa-apa, tetapi ini saya tidak mau berkomentar (kinerja wasit), silakan kalian nilai sendiri, itu penalti atau tidak,” ungkap Pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Menurutnya, Persebaya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sekadar hasil imbang 1-1. Penentunya ada di keputusan wasit pada akhir pertandingan.

Sebelumnya, Persik memang sempat unggul lebih dulu pada menit ke-10 melalui tendangan penalti. Persebaya baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-61 melalui tendangan Sho Yamamoto.

“Saya pikir hasilnya kemungkinan akan berbeda. Kami sekali lagi mendapatkan peluang pada menit-menit akhir, tetapi mungkin wasitnya tidak lihat atau bagaimana,” ucap Aji Santoso.

Tambahan satu poin membuat Persebaya belum beranjak dari peringkat ke-10 di klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 17 poin.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *