Wapres Ma’ruf Amin Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan pada Kamis (10/11) pagi ini. Upacara dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin saat memasuki lokasi upacara. Ia mengenakan setelan jas hitam dipadu dasi merah dan peci hitam.

Sebelum memasuki area upacara, Ma’ruf bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Mensos Tri Rismaharini berhenti sejenak di gerbang masuk dan memberi hormat ke arah tugu TMP Kalibata.

Peringatan Hari Pahlawan dimulai dengan hormat senjata kepada para seluruh arwah pahlawan bangsa. Kemudian, sirine dibunyikan untuk memperingati pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

Setelah itu, Ma’ruf memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Lagu Mengheningkan Cipta pun mengalun di TMP Kalibata.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu kemudian mengantar karangan bunga simbolis bertuliskan “Pahlawanku Teladan kita” yang diletakkan di depan Monumen Burung Garuda TMP Kalibata.

Setelah itu, upacara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi.

Sejumlah pejabat negara turut hadir dalam upacara Hari Pahlawan itu. Beberapa di antaranya Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Anas hingga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Pada 7 November lalu, pemerintah melalui Presiden RI Joko Widodo telah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang dinilai berjasa bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia pada 2022.

Mereka di antaranya dr. Soeharto dari Jawa Tengah, H Salahuddin bin Talibuddin dari Halmahera, KGPAA Paku Alam VIII dari DIY, KH Ahmad Sanusi dari Sukabumi Jawa Barat dan dr. Raden Rubini dari Kalimantan Barat.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Indozone

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *