Daftar Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton di Tahun 2022, Terbaru Qodrat

Industri film Indonesia kembali bergeliat setelah dihantam pandemi Covid-19. Film-film berkualitas yang dihadirkan terbukti sukses menarik kepercayaan publik untuk datang kembali ke bioskop.

Imbasnya, belasan film sukses mencetak box office atau meraih di atas sejuta penonton. Kejayaan industri film di tahun 2022 juga ditandai dengan keberhasilan KKN di Desa Penari menjadi film terlaris sepanjang masa dengan total 9,2 juta penonton.

Padahal rekor tersebut sudah dipegang cukup lama oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Hingga November 2022, tercatat sudah ada 12 film yang berhasil menembus angka di atas satu juta penonton.

Film horor Qodrat menjadi entri terbaru yang masuk ke dalam daftar ini.

Berikut daftar film Indonesia yang berhasil tembus satu juta penonton di tahun 2022.

1. KKN di Desa Penari – 9,2 juta penonton
KKN di Desa Penari merupakan film horor adaptasi dari utas Twitter SimpleMan yang sempat viral. Film yang digarap oleh Awi Suryadi ini sukses merajai bioskop saat pertama kali dirilis pada 30 April 2022.

Masih disutradarai oleh Joko Anwar, film yang menampilkan sebagian besar pemain lamanya ini hadir ke bioskop pada 4 Agustus 2022. Selama penayangannya di bioskop, Pengabdi Setan 2 sukses melewati pencapaian film pertamanya yang menyentuh angka 4,2 juta penonton.

3. Miracle in Cell No. 7 – 5,8 juta penonton
Miracle in Cell No. 7 adalah film adaptasi dari judul sama yang menjadi hits di Korea Selatan. Dibintangi Vino G. Bastian dan Graciella Abigail, film ini mulai diedarkan di bioskop pada 8 September 2022.

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini menempati posisi kelima sebagai film terlaris sepanjang masa di bawah KKN di Desa Penari, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, Pengabdi Setan 2: Communion, dan Dilan 1990.

4. Ngeri-Ngeri Sedap – 2,8 juta penonton
Ngeri-Ngeri Sedap membuktikan diri bahwa ulasan positif dari mulut ke mulut bisa menarik penonton ke bioskop. Kehangatan dari cerita keluarga Batak garapan Bene Dion Rajagukguk ini berhasil mencetak 2,8 juta penonton. Tak hanya itu saja, Ngeri-Ngeri Sedap juga menjadi perwakilan Indonesia untuk melaju dalam Oscars 2022.

5. Ivanna – 2,7 juta penonton
Horor masih menjadi genre yang paling disukai para penonton Indonesia. Hampir setengah dari 15 film yang mencetak di atas satu juta penonton berasal dari horor, termasuk Ivanna. Film spin-off dari semesta Danur ini sukses meraih 2,7 juta penonton.

6. Sayap-Sayap Patah – 2,4 juta penonton
Duet Nicholas Saputra dan Ariel Tatum berhasil menjadi magnet kuat untuk menarik perhatian penonton ke bioskop. Film tentang peristiwa kerusuhan berdarah di Mako Brimob ini mulai tayang sejak 18 Agustus 2022 dan berhasil meraup 2,4 juta penonton.

7. Mencuri Raden Saleh – 2,3 juta penonton
Sutradara Angga Dwimas Sasongko berhasil meramu film action-heist tentang pencurian lukisan dari Raden Saleh. Film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Aghniny Haque, Ari Irham, dan Umay Shahab ini sukses dengan total 2,3 juta penonton. Mencuri Raden Saleh pertama kali dirilis pada 25 Agustus 2022 dan bertahan selama lebih dari sebulan di bioskop.

8. Kukira Kau Rumah – 2,2 juta penonton
Kukira Kau Rumah memberikan asa kepada para produser untuk merilis kembali film ke bioskop di tengah pandemi Covid-19. Film debut Umay Shahab sebagai sutradara ini menampilkan Jourdy Pranata dan Prilly Latuconsina sebagai pemeran utamanya.

Kukira Kau Rumah sukses meraih 2,2 juta penonton di tengah industri film yang masih merangkak saat itu.

9. The Doll 3 – 1,7 juta penonton
The Doll 3 adalah penutup trilogi The Doll dari Rocky Soraya.

The Doll 3 menampilkan Jessica Mila, Winky Wiryawan, dan Montserrat Gizelle sebagai pemain utamanya.

Film yang dirilis pada 26 Mei 2022 ini sukses finish dengan pencapaian 1,7 juta penonton.

10. Jailangkung: Sandekala – 1,5 juta penonton
Jailangkung: Sandekala menjadi box office film kedua karya Kimo Stamboel di tahun 2022 setelah Ivanna.

Film yang menampilkan Titi Kamal, Dwi Sasono, Syifa Hadju, dan Muzakki Ramdhan ini pertama kali dirilis pada 22 September 2022.

Jailangkung: Sandekala berhasil meneror lebih dari 1,5 juta penonton di bioskop.

11. Kuntilanak 3 – 1,3 juta penonton
Kuntilanak 3 dirilis bersamaan dengan KKN di Desa Penari sebagai film libur Lebaran.

Meski gagal membendung dominasi KKN, film garapan Rizal Mantovani ini tetap sukses mencatatkan diri sebagai box office 2022 dengan 1,3 juta penontonnya.

12. Qodrat – 1,1 juta penonton
Qodrat menjadi film terbaru yang masuk ke dalam daftar box office 2022.

Film horor pertama Vino G. Bastian ini sudah mencetak 1,1 juta penonton.

Angka ini dipastikan akan terus bertambah karena Qodrat masih diputar di bioskop-bioskop di Indonesia.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *