Banjir dan Macet Kepung Jakarta Sepanjang Kamis Sore

Banjir merendam sejumlah titik di Jakarta, Kamis (6/10) sore akibat hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibu Kota maupun luapan beberapa kali.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per pukul 21.00 WIB, banjir sempat merendam 90 RT dan 17 ruas jalan di Jakarta. Mayoritas lokasi banjir berada di wilayah Jakarta Selatan.

Banjir di Jakarta Selatan memakan tiga korban jiwa, yakni siswa MTSN 19 di Pondok Labu Jakarta Selatan. Ketiga siswa tewas setelah sekolah mereka diterjang banjir yang menyebabkan tembok roboh. Sejumlah siswa lain terluka dalam peristiwa ini.

Banjir yang merendam sejumlah titik itu berimbas pada kemacetan di Jakarta. Terlebih banjir mulai terjadi saat jam pulang kantor.

Salah satu titik macet yakni di Jalan TB Simatupang atau tepatnya terjadi tepatnya di depan Cilandak Town Square ke arah Ragunan-Kampung Rambutan. Sepeda motor hingga mobil yang melintas di kawasan ini hanya bisa jalan perlahan.

Kemacetan juga terjadi di ruas Jalan TB Simatupang ke arah Lebak Bulus. Antrean mengular sehingga kendaraan hanya bisa berjalan perlahan.

Kendaraan bahkan mengular dari fly over sebelum Gedung JGC. Tak hanya itu, sejumlah motor juga terlihat masuk ke jalan tol.

Camat Cilandak Djaharuddin mengatakan lalu lintas di Jalan TB Simatupang sempat lumpuh akibat banjir setinggi 60 cm. Ia mengklaim genangan air di jalan tersebut berangsur surut.

“Memang tadi lumpuh ya tapi sekarang sudah berangsur-angsur surut ya, saya tidak terlalu monitor di sana. Laporan tadi saya liat di grup banjir setinggi 60 cm lebih,” kata Djaharuddin.

Sementara itu, sampai dengan Jumat (7/10) dini hari pukul 03.00 WIB tadi, banjir juga masih menggenangi 46 RT di Jakarta. Sebanyak 31 RT yang terendam banjir berada di Jakarta Selatan, 11 RT di Jakarta Barat, dan empat RT di Jakarta Pusat.

BPBD juga mencatat 108 jiwa masih mengungsi sampai pukul 03.00 WIB tadi. Sebanyak 38 jiwa mengungsi di Masjid Al Falah, Mampang Prapatan, 29 jiwa mengungsi di rumah warga dan Masjid Al-Hikmah, Kelurahan Ulujami; dan 51 jiwa mengungsi di Mushala Nurul Iman, Meruya Utara.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *