Banjir Bandang Hantam Afghanistan, 20 Orang Dilaporkan Tewas

Sedikitnya 20 orang tewas dan 35 terluka dalam banjir bandang di Afghanistan. Seorang pejabat manajemen bencana Afghanistan mengatakan, hujan lebat menghancurkan ribuan rumah dan merusak lahan pertanian di Provinsi Logar.

Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid dalam pesan video mengimbau masyarakat internasional, terutama negara-negara Islam dan organisasi kemanusiaan, untuk segera membantu Afghanistan dalam memberikan bantuan kepada para korban banjir.

Sementara menurut otoritas lokal di Paktia, 1.435 ternak tewas dan ratusan kilometer jalan dan jembatan hancur karena hujan lebat.

Sebelumnya pejabat Provinsi Logar mengatakan bahwa banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat telah menghancurkan lebih dari 3.000 rumah.

“Hujan mengguyur beberapa daerah di provinsi itu pada Sabtu, melukai lebih dari 30 orang,” kata kantor Gubernur provinsi, menurut The Hindu, Senin 22 Agustus 2022.

Banjir juga menghancurkan puluhan kanal dan sekitar 5.000 hektar lahan pertanian, terutama kebun buah-buahan dengan sekitar 2.000 ternak juga tewas,” imbuh pernyataan itu.

Puluhan orang Afghanistan meninggal setiap tahun karena bencana banjir dan hujan deras, terutama di daerah pedesaan yang miskin di mana rumah-rumah yang dibangun dengan buruk sering berisiko runtuh.

Pasukan keamanan dan organisasi amal mengevakuasi orang ke daerah aman setelah rumah mereka hancur.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *