Arab Saudi Deteksi 4.222 Pelanggaran Kesehatan Jelang Haji

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengungkapkan telah mendeteksi 4.222 pelanggaran persyaratan kesehatan dan tindakan pencegahan selama inspeksi lapangan musim haji tahun ini.

Namun dikatakan lebih dari 70 persen pelanggaran telah ditangani dan diperbaiki.

“Sebagai bagian dari proses pemantauan, kementerian mengintensifkan kunjungan lapangannya. Selama kunjungan, pihak kementerian mengukur sejauh mana misi medis untuk jemaah domestik dan asing dan lembaga kesehatan mematuhi persyaratan pencegahan dan tindakan pencegahan dalam persiapan untuk memulai haji 2022,” menurut pengumuman oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi, dikutip dari Arab News, Rabu 6 Juli 2022.

Disebutkan bahwa operasi pemantauan intensif untuk memastikan penerapan tindakan pencegahan berjumlah sekitar 2.900 kunjungan, di mana 301 pelanggaran terdeteksi. Pihak kementerian juga berusaha untuk meningkatkan tingkat komitmen terhadap tindakan pencegahan di dalam lembaga kesehatan swasta dan publik.

“Tim komite kepatuhan utamanya dikerahkan di sejumlah lokasi untuk memastikan bahwa setiap orang menerapkan persyaratan kesehatan dan mematuhi tindakan pencegahan. Operasi ini mencakup semua lingkungan Mekkah dan Madinah serta tempat-tempat suci,” sebut pihak kementerian.

Pada Selasa, 5 Juli, jumlah razia yang dilakukan oleh tim Komite Kepatuhan Utama mencapai 3.300. Tim itu mencatat bahwa 1.400 dari tur ini berfokus pada misi medis dan klinik yang menyertai jemaah haji domestik dan asing.

Kementerian mengatakan, pemantauan sepanjang waktu bertujuan untuk mengurangi pelanggaran kesehatan dan memperbaiki pelanggaran yang terdeteksi untuk menjaga kesehatan para jemaah dan untuk mencegah wabah penyakit menular.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menegaskan bahwa pihaknya terus menindaklanjuti proses perbaikan semua pelanggaran. Mereka mencatat bahwa Komite Kepatuhan Utama berinteraksi dengan lebih dari 900 laporan, dan mengambil tindakan yang diperlukan terkait hal tersebut.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *