Rafael Nadal Juara French Open 2022: Rekor dan Sejarah Si Raja Tanah Liat

Rafael Nadal mempertegas julukan Si Raja Tanah Liat yang disematkan kepada dirinya. Usai menjuarai French Open 2022, Nadal kini bergelimang rekor dan catatan bersejarah.

Rafael Nadal yang kali ini menjadi unggulan keempat menantang unggulan tujuh asal Norwegia, Casper Ruud, pada partai final French Open 2022.

Bertanding di Stade Roland Garros, Paris, pada Minggu (5/6/2022) waktu setempat, Nadal berhasil mengalahkan Casper Ruud tiga set langsung dengan skor 6-3, 6-3, dan 6-0.

Juara French Open 2022 membuat Rafael Nadal kembali mengukir kejayaan di Roland Garros.

Tahun lalu, langkah Nadal pada French Open terhenti di semifinal usai kalah dari Novak Djokovic yang akhirnya menjadi juara.

Setelah tahun lalu harus merelakan gelar juara kepada Djokovic, kini Rafael Nadal kembali merebut singgasana Roland Garros.

Bagi Nadal, ini merupakan gelar ke-14 di French Open sekaligus menempatkan dirinya sebagai petenis tersukses dalam sejarah turnamen tersebut.

Dilansir dari Opta Ace, Nadal juga menjadi petenis putra tertua yang mampu menjadi juara French Open yakni pada usia 36 tahun 2 hari.

“Saya tidak pernah meyakini akan berada di sini pada usia 36 tahun dan menjadi kompetitif lagi, bermain di lapangan terpenting dalam karier saya sekali lagi di final,” kata Nadal usai menaklukkan Casper Ruud, dikutip dari The New York Times.

Adapun, gelar French Open 2022 menjadi gelar Grand Slam ke-22 dalam karier seorang Rafael Nadal.

“Semua orang tahu betapa berartinya turnamen ini bagi saya,” kata Nadal soal arti penting gelar French Open 2022.

“Saya tidak bisa lebih bahagia dan saya tidak bisa cukup terima kasih kepada dokter saya untuk semua hal yang dia lakukan selama karier tenis saya dan membantu saya di setiap saat yang sulit,” imbuh Nadal yang sempat absen enam pekan akibat cedera tulang rusuk, Maret lalu.

Tak hanya kembali mengukir kejayaan di Roland Garros dan menegaskan statusnya sebagai raja lapangan tanah liat, Nadal juga semakin melengkapi pencapaian apik tahun ini.

Pada awal tahun 2022, Nadal sukses meraih gelar Australian Open usai menumbangkan Daniil Medvedev lewat pertarungan sengit lima set yang berkesudahan dengan skor 2-6, 6-7 (5-7), 6-4, 6-4, dan 7-5.

Untuk kali pertama dalam kariernya, Rafael Nadal berhasil memenangi Australian Open dan Roland Garros pada musim yang sama.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa depan, tetapi saya akan terus berjuang untuk mencoba terus berjalan,” ucap Nadal menegaskan.

Koleksi 14 trofi French Open, 4 US Open, 2 Australian Open, dan 2 Wimbledon, membuat Rafael Nadal kini menjadi petenis putra dengan koleksi gelar Grand Slam terbanyak dalam sejarah.

Nadal mengungguli Roger Federer dan Novak Djokovic yang sama-sama mengoleksi 20 gelar Grand Slam.

Secara keseluruhan, koleksi gelar Grand Slam milik Rafael Nadal hanya kalah dari Margaret Court (24) dan Serena Williams (23).

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Republika

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *