Jadi Algojo Penalti Penentu Timnas Indonesia, Klok Takut Netizen

Marc Klok mengungkap perasaan menjadi algojo penalti Timnas Indonesia U-23 dalam laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021 (SEA Games 2022), Minggu (22/5).

Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Malaysia melalui babak adu penalti setelah laga waktu normal berakhir dengan skor 1-1. Tanpa perpanjangan waktu, babak adu penalti langsung dilakukan guna menentukan pemenang.

Klok tampil sebagai penendang kelima yang memastikan kemenangan Indonesia dengan skor 4-3 di babak adu jitu tendangan 12 pas.

Ernando Ari, Pahlawan Timnas Indonesia Rebut Perunggu SEA Games
STY Senang Indonesia Kalahkan Malaysia dengan 2 Cadangan
“Setiap usai latihan, saya selalu berlatih menendang penalti. Sebelum adu penalti pelatih bilang saya ambil yang ketiga, tapi saya punya rasa dan bilang mau ambil penalti kelima dan ia bilang oke,” kata Klok.

Pemain Persib Bandung ini pun sadar risiko menjadi algojo penalti terakhir. Jika sukses Indonesia akan menang, tetapi sebaliknya akan dihujat netizen jika sampai gagal.

“Momentum datang, saya ambil penalti terakhir dan saya tahu kalau saya cetak gol, kita peringkat ketiga, tetapi kalau gagal, netizen siap menghancurkan saya,” ucap gelandang kelahiran Belanda ini.

“Tapi ini sepak bola, saya senang dan tenang juga saat mengambil penalti. Saya sudah tahu mau nendang kemana. Saya senang sama tim, kita semua kerja keras hari ini karena susah sekali,” kata Klok.

Dalam pertandingan di Stadion My Dinh, Hanoi ini Timnas U-23 hanya berkekuatan 14 pemain atau hanya dua pemain cadangan plus satu kiper pengganti. Ini kondisi yang sangat tidak ideal untuk laga krusial.

Meski tampil dengan jumlah pemain yang minim, Klok dan kawan-kawan tetap tampil spartan. Malaysia yang tampil dengan jumlah pemain lebih banyak dominan menekan pertahanan Indonesia.

“Saya pikir penalti terakhir bawa medali untuk negara. Ini momen sangat bagus. Tapi semua pemain lain juga cetak gol penalti dan kerja keras. Namun target saya emas dan saya tidak sepenuhnya senang,” ucap Klok.

Klok tampil di SEA Games 2021 dengan status pemain senior. Tiga pemain senior lain yang dipanggil Shin Tae Yong adalah Ricky Kambuaya dan Fachrudin. Ketiganya sama-sama jadi pemain andalan Shin.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *