Troy Kotsur Jadi Aktor Pria Tuli Pertama Menang Oscar

Troy Kotsur mencetak sejarah dengan menjadi aktor pria tuli pertama menang Oscar melalui aksinya dalam CODA di ajang Piala Oscar 2022.

Sebelum Kotsur, ada aktris Marlee Matlin yang menjadi orang tuli pertama yang memenangkan Oscar pada 1988.

“Saya tidak percaya bisa di sini, terima kasih kepada the Academy, luar biasa CODA bisa menjangkau coda dan gedung putih,” kata Kotsur dalam bahasa isyarat di atas panggung Oscar 2022, Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles.

Ia juga berterima kasih kepada sutradara CODA, Sian Heder dan menyebutnya sebagai jembatan bagi komunitas tuli kepada dunia melalui film ini.

“Terima kasih kepada panggung teater tuli untuk menerima saya,” lanjutnya. “Ini didedikasikan untuk komunitas tuli, komunitas CODA, kita berhasil,”

CODA mengisahkan Ruby Rossie (Emilia Jones), siswa SMA yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar. Orang tua serta kakak laki-lakinya tuli sehingga mereka berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Kondisi tersebut membuat Ruby harus mengurus bisnis perikanan keluarganya yang terancam gagal. Ruby yang bercita-cita menjadi penyanyi menghadapi dilema antara keluarga dan impiannya di bidang musik.

Kisah CODA merupakan garapan ulang dari film Prancis La Famille Bélier yang rilis pada 2014 dan sukses di box office negara tersebut.

Produser La Famille Bélier, Philippe Rousselet, kemudian meminta sutradara Sian Heder untuk membuat ulang film tersebut versi Amerika.

Produksi film CODA kemudian dimulai pada Mei 2019 dan mengambil lokasi syuting di Gloucester, Massachusetts. Dalam menggarap film ini, Sian Hader dibantu dua tunarungi yakni Alexandria Wailes dan Anne Tomasetti.

Film CODA pertama kali tayang pada 28 Januari 2021 di Festival Film Sundace di hari pembukaan. Film ini kemudian dirilis di Apple TV+ pada Agustus 2021.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *