Final Kejuaraan Beregu Asia: Tim Putri Indonesia Ukir Sejarah, Skuad Putra Kalah Terhormat

Tim bulu tangkis putra dan putri Indonesia telah merampungkan perjuangan pada final Badminton Asia Team Championships atau Kejuaraan Beregu Asia 2022. Rangkaian final Kejuaraan Beregu Asia 2022 itu berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, pada Minggu (20/2/2022) pagi hingga sore WIB.

Pada partai puncak, tim putri Indonesia yang bertemu Korea Selatan dijadwalkan tampil lebih dulu sebelum skuad putra berjuang melawan tuan rumah Malaysia. Tim putra dan putri Indonesia tampil penuh semangat selama berlaga di partai puncak. Mereka berambisi memetik kemenangan agar bisa mengawinkan gelar Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Namun, kenyataan berkata lain. Tim putra dan putri Indonesia meraih hasil berbeda. Tim putri Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan, sedangkan tim putra takluk di hadapan Malaysia. Hasil tersebut sekaligus melahirkan efek berbeda di pengujung perjalanan tim putra dan putri Indonesia dalam pergelaran Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Srikandi Merah Putih memetik poin perdana berkat perjuangan Gregoria Mariska Tunjung yang menang dua gim langsung atas Sim Yu-jin. Setelah itu, Indonesia kehilangan poin menyusul kekalahan yang dialami Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi pada partai kedua.

Febriana/Amalia takluk dari Baek Ha-na/Seong Seung-yeon setelah berjuang hingga rubber game. Kekalahan Febriana/Amalia otomatis membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Lalu, pada partai ketiga, tim putri Indonesia kembali memetik kemenangan lewat Putri Kusuma Wardani. Pebulu tangkis yang akrab disapa Putri KW itu menang dua gim langsung atas Lee Se Yeon. Dia sekaligus membalas kekalahan yang dialami ketika bersua Lee Se Yeon di fase grup.

Kemenangan Putri KW membuat tim putri Indonesia membutuhkan tambahan satu poin lagi untuk memastikan gelar. Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari yang mewakili Indonesia di partai keempat, berhasil menuntaskan misi tersebut.

Mereka menang dua gim langsung atas Kim Min Ji/Park Min Jeong dan tim putri Indonesia pun dipastikan menjadi jawara dalam Kejuaraan Beregu Asia 2022. Hasil ini membuat tim putri Indonesia mengukir sejarah. Mereka untuk kali pertama berhasil menjadi kampiun Kejuaraan Beregu Asia.

Sebelumnya, pencapaian terbaik Srikandi Merah Putih adalah menembus semifinal pada edisi 2018. Pencapaian menjadi juara Asia terbilang luar biasa karena tim putri Indonesia mayoritas menurunkan skuad muda.

Ketika berjuang melawan Malaysia di final Kejuaraan Beregu Asia 2022, tim putra Indonesia takluk 0-3.

Pada partai pertama, kapten tim Chico Aura Dwi Wardoyo kalah rubber game dari tunggal putra terbaik Malaysia Lee Zii Jia.

Lalu, pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang tampil setelah Chico, juga takluk lewat rubber game dari lawannya, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Kekalahan Leo/Daniel membuat tim putra Indonesia tertinggal 0-2 dari tuan rumah Malaysia.

Kondisi itu menghadirkan beban berat bagi Ikhsan Rumbay yang tampil pada partai ketiga, melawan Ng Tze Yong. Setelah berusaha memberi perlawanan, Ikhsan Rumbay tak kuasa membendung permainan solid Ng Tze Yong yang mengakhiri laga lewat dua gim langsung.

Alhasil, tim putra Indonesia kehabisan kesempatan dan harus mengakui keunggulan Malaysia yang mengandalkan skuad Piala Thomas 2020. Kekalahan ini menggagalkan upaya tim putra Indonesia yang hendak mengawinkan gelar bersama skuad putri.

Meski gagal, tim putra Indonesia dinilai kalah secara terhormat.

Perjuangan tim putra Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia juga menuai apresiasi dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Hermono “Atas nama Pemerintah RI, saya sampaikan terima kasih atas perjuangan (tim putra Indonesia,” ujar Hermono.

“Semoga ke depan para pemain muda ini bisa berprestasi lebih bagus lagi,” imbuhnya. Setelah ini, sejumlah pemain yang tampil dalam Kejuaraan Beregu Asia 2022 akan kembali berjuang pada turnamen di Eropa, salah satunya Swiss Open.

Adapun Swiss Open 2022 dijadwalkan berlangsung pada 22-27 Maret mendatang.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : SINDOnews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *