100 Longsor Salju dalam Tiga Hari di Austria, 9 Orang Tewas

Setidaknya sembilan orang tewas akibat lebih dari 100 longsor salju yang terjadi di Austria selama tiga hari sejak Jumat pekan lalu hingga Minggu (6/2).

Layanan penyelamat Austria melaporkan, lima orang tewas akibat longsor salju di kawasan Tyrol. Kawasan itu memang merupakan daerah yang mengalami longsor salju paling banyak.

Menurut kepolisian Austria, empat korban tewas lainnya merupakan satu kelompok pemain ski asal Swedia. Saat kejadian, mereka sedang berjalan di luar lajur ski di dekat perbatasan Swiss bersama seorang pemandu.

Sang pemandu dan tiga anggota kelompok itu tertimpa longsor salju. Hanya satu anggota kelompok pemain ski itu yang selamat. Korban selamat itu kemudian meminta bantuan dan akhirnya dievakuasi menggunakan helikopter.

Secara keseluruhan, lebih dari 100 longsor terjadi di Austria dalam kurun waktu tiga hari hingga Minggu. Pihak berwenang Tyrol menyatakan bahwa mereka terus berupaya keras melakukan upaya penyelamatan.

“Tiga hari belakangan ada sekitar 100 insiden terkait longsor salju yang membutuhkan 70 operasi,” ucap perwakilan pihak berwenang Austria, sebagaimana dilansir AFP.

Longsor salju di Austria memang kerap menelan korban jiwa. Namun sejak pandemi Covid-19, rata-rata angka kematian akibat longsor salju berkurang menjadi sekitar 20 jiwa per tahun karena penurunan jumlah pemain ski yang datang.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *