Redam Covid Jelang Olimpiade, China Tunda Penerbangan dari AS

China dikabarkan menangguhkan sementara seluruh penerbangan dari Amerika Serikat mulai Rabu (19/1) demi meredam penyebaran infeksi Covid-19 yang kembali melonjak di Negeri Tirai Bambu.

Penangguhan itu dilakukan menjelang gelaran Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan dimulai pada 4 Februari mendatang.

Menurut laporan CNN, seluruh penerbangan dari AS ke China telah dibatalkan atau ditunda oleh regulator penerbangan Negeri Tirai Bambu mulai 19 Januari hingga setidaknya dua pekan ke depan.

Per Jumat pekan lalu, hanya ada dua penerbangan dari AS yang diterima pihak bandara China. Salah satu penerbangan itu dari maskapai United Airlines (UAL).

Dalam beberapa waktu terakhir, China juga semakin getol membatalkan belasan penerbangan dari AS.

Melansir Reuters, pada Senin (10/1), regulator penerbangan China meminta pembatalan delapan penerbangan maskapai AS yang dijadwalkan ke Shanghai.

Beberapa penerbangan tersebut antara lain United Airlines, Delta Air Lines (DAL.N), dan American Airlines (AAL.O).

Lalu pada Rabu (12/1), China kembali meminta pembatalan enam penerbangan dari AS. Dua penerbangan United Airlines serta empat penerbangan China Southern Airlines terdampak akibat pembatalan itu.

Pada Jumat (14/1), sebanyak empat penerbangan AS kembali ditangguhkan, sehingga total pembatalan penerbangan dari AS sejauh ini menjadi 74 kali.

Pembatalan puluhan penerbangan ini disinyalir akibat lonjakan kasus Covid-19, terutama akibat varian Omicron di Amerika Serikat.

Terkait hal ini, Presiden Joe Biden mengkritik keputusan China yang membatalkan penerbangan dari AS ke negara tersebut. Ia menyebut AS dapat merespons China soal pembatalan penerbangan tersebut.

“Tindakan China tidak konsisten dengan kewajiban dalam Perjanjian Transportasi Udara AS-China,” kata juru bicara Kementerian Transportasi AS (USDOT) seperti dilansir Reuters, Senin (17/1).

“Kami terlibat dengan pemerintah China dalam hal ini dan kami memiliki hak untuk mengambil tindakan,” tegasnya.

Kasus Naik Jelang Olimpiade

Pembatalan penerbangan dari AS ini berlangsung ketika China dihadapkan dengan lonjakan kasus harian Covid-19 menjelang gelaran Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Per Senin (17/1), China mencatat sebanyak 223 kasus Covid-19 di negaranya. Ini merupakan jumlah infeksi harian tertinggi di China sejak Maret 2020.

Lonjakan ini terjadi tiga minggu menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan berlangsung Februari mendatang.

Imbas dari lonjakan ini, China kembali memperketat kebijakan nol Covid-19. Para atlet Olimpiade Musim Dingin dan pejabat yang tiba di ibu kota Beijing pun diminta untuk menerapkan karantina yang dikontrol ketat.

Panitia hingga peserta Olimpiade Musim Dingin pun dilarang berinteraksi dengan warga di luar koridor perjalanan mereka selama berada di Beijing.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *