Luhut Prediksi Puncak Kasus Omicron di Indonesia Terjadi Awal Februari 2022

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memprediksi puncak kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terjadi pada awal Februari 2022.

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pengalaman negara lain, kata dia, puncak varian Omicron mencapai puncaknya dalam kisaran waktu 40 hari, lebih cepat dari varian Delta.

“Untuk kasus Indonesia, kita perkirakan puncak gelombang karena Omicron akan terjadi pada awal Februari,” kata Luhut dalam keterangan persnya dikutip, Rabu (12/1/2022).

Menurut dia, strategi penanganan varian Omicron akan berbeda dengan varian Delta. Pasalnya, Luhut mengatakan sebagian besar kasus varian Omicron yang terjadi diperkirakan akan bergejala ringan.

“Indonesia saat ini jauh lebih siap dalam menghadapi potensi gelombang varian Omicron,” ujarnya.

“Saya yakin kasus tidak akan meningkat setinggi negara lain,” sambung Luhut.

Luhut melaporkan kasus Covid-19 di Indonesia mencapai bertambah 802 per Selasa, 11 Januari 2022. Dia mengatakan peningkatan kasus tersebut masih didominasi oleh para pelaku perjalanan luar negeri.

“Hari ini (Selasa) jumlah kasus mencapai 802 kasus, tetapi sebagian masih disumbangkan oleh PPLN. Dari 537 kasus di Jakarta, 435 kasus berasal dari PPLN,” jelasnya.

Imbau Tidak ke Luar Negeri

Dia pun kembali mengimbau masyarakat untuk tidak bepergiran dulu keluar negeri dalam 2 sampai 3 minggu depan. Disisi lain, Luhut memastikan pemerintah akan memonitor secara ketat perkembangan kasus dan akan mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

“Perawatan di RS akan menjadi salah satu indikator utama. Kami akan high alert ketika BOR mendekati 20-30 persen,” tutur Luhut.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : VOL.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *