Bali United Pastikan Tampil di Piala AFC untuk Wakili Indonesia

Ada dua klub yang akan mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2022 nanti. Selain PSM Makassar, Bali United juga akan menjadi salah satu tim yang ditunjuk PSSI untuk tampil di kompetisi sepak bola zona Asia Tenggara itu.

Keputusan tersebut diketahui setelah Serdadu Tridatu -julukan Bali United- mengumumkan hal tersebut di akun media sosial resmi mereka pada, Kamis (30/12).

Tentu saja banyak orang yang bertanya-tanya kenapa PSSI memilih dua tim tersebut. Bukan hal aneh mengingat Liga 1 Indonesia 2020 yang seharusnya jadi acuan tidaklah selesai akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 ini baru memasuki pekan ke-17. Alhasil, belum bisa ditentukan siapa yang menjadi juara di kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia tersebut untuk musim ini.

Berlandaskan hal tersebut, PSSI memilih Bali United yang merupakan kampiun Liga 1 Indonesia 2019. Pertimbangan lainnya adalah hasil Club Licensing Cycle 2021.

Seperti diketahui, Bali United dan PSM Makassar sudah lolos dan mengantongi lisensi klub profesional dari AFC untuk tahun 2021. Sebuah standar yang belum dimiliki banyak klub di tanah air.

Alasan tambahan untuk Juku Eja -julukan PSM Makassar- maju sebagai wakil karena mereka menjuarai Piala Indonesia 2019. PSSI pun sudah mengajukan alasan ini dan rupanya telah disetujui oleh AFC.

Sebelumnya, Bali United dan Persipura Jayapura dipilih untuk mentas di Piala AFC 2021. Namun, kedua tim ini batal tampil karena kompetisi zona Asia Tenggara dibatalkan imbas pandemi COVID-19.

Keputusan PSSI ini menuai komentar beragam dari masyarakat khususnya pendukung Bali United. Ada yang senang bisa kembali melihat klub kesayangannya tampil lagi di ajang internasional, namun juga ada yang skeptis jika Gavin Kwand Adsit cs bisa memenuhi ekspektasi.

Seperti yang diketahui, Bali United saat ini belum benar-benar bisa ikut dalam persaingan gelar juara Liga 1 Indonesia musim ini. Hingga putaran pertama usai, mereka masih duduk di peringkat kelima dengan jarak delapan poin dari Bhayangkara FC di puncak.

Maka dari itu pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra diharapkan bisa memperlihatkan progres yang lebih baik di putaran kedua. Jika lebih konsisten, bukan tidak mungkin Bali United bisa untuk pertama kalinya lolos dari fase grup Piala AFC .

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *