Rusia Konfirmasi 2 Kasus Perdana Covid-19 Varian Omicron

Otoritas kesehatan Rusia mengonfirmasi kemunculan dua kasus perdana Covid-19 varian Omicron pada Senin, 6 Desember 2021. Dua orang terinfeksi Omicron ini tiba di Rusia dari Afrika Selatan pekan kemarin.

“Sepuluh orang lainnya yang juga positif Covid-19 sedang menanti di pusat observasi untuk menentukan jenis varian apa yang ada di tubuh mereka,” ujar pernyataan badan pengawas kebersihan Rusia, Rospotrebnadzor, dilansir dari Anadolu Agency.

Rospotrebnadzor tidak menyebutkan kewarganegaraan dari mereka yang terinfeksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan varian B.1.1.529 sebagai “variant of concern” dan melabelinya dengan nama “Omicron” pada 26 November. WHO mengingatkan bahwa varian terbaru ini memiliki banyak mutasi, yang beberapa di antaranya dikhawatirkan dapat berpengaruh terhadap perlindungan yang diberikan dari vaksin Covid-19.

Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada 24 November, yang saat ini sudah menyebar ke hampir 50 negara di dunia.

Sebelumnya pada Senin ini, Thailand telah mengonfirmasi kemunculan kasus perdana varian Omicron. Menurut keterangan Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Opas Karnkawinpong, kasus pertama ini terdeteksi di tubuh seorang warga Amerika Serikat yang tiba di Thailand dari Spanyol akhir bulan lalu.

Konfirmasi ini menjadikan Thailand sebagai negara ke-47 yang mendeteksi varian Omicron. Varian tersebut pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Thailand melarang masuk pelancong dari delapan negara Afrika termasuk Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe sejak awal Desember di tengah kekhawatiran varian Omicron.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *