Mantan Gubernur BoE: Lonjakan Inflasi di Seluruh Dunia Berisiko

Mantan Gubernur Bank of England (BoE) Mervyn King mengatakan risiko inflasi telah tumbuh di seluruh dunia dan lebih mudah untuk melihat harga mengarah lebih tinggi daripada melihat ada kekuatan yang bisa menurunkannya. Kondisi itu tentu membuat bank sentral waspada agar tidak memberikan efek negatif terhadap perekonomian.

“Bank sentral benar-benar khawatir tentang inflasi sekarang. Jauh lebih mudah untuk melihat risiko kenaikan inflasi daripada risiko penurunan,” kata King, dilansir dari The Business Times, Jumat, 8 Oktober 2021.

King mengatakan serangkaian perubahan struktural dalam perekonomian di Inggris mengartikan pengaturan kebijakan moneter akan sulit dalam beberapa tahun ke depan. Dia merekomendasikan pembuat kebijakan untuk membatalkan panduan ke depan yang mereka berikan tentang bagaimana prospek akan berkembang.

“Menjaga pilihan mereka tetap terbuka untuk bergerak sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Kesalahan besar

Dirinya menilai menawarkan bimbingan telah menjadi kesalahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Risikonya memberikan panduan kebijakan masa depan membuat bank sentral enggan mengubah taktik saat dibutuhkan.

“Yang penting sekarang adalah tidak berpura-pura bahwa kita tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi untuk menunjukkan bahwa bank sentral bersedia merespons dengan sangat cepat jika risiko kenaikan inflasi muncul,” tambahnya.

Bank-bank sentral di seluruh dunia bergulat dengan lonjakan harga karena ekonomi bangkit dari penguncian virus korona dan lonjakan harga energi. Sementara sebagian besar mengatakan mereka mengharapkan kenaikan harga untuk membuktikan sementara dengan lebih banyak ekonom mengungkapkan kekhawatiran mereka mungkin menjadi mengakar.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *