Tiongkok Utarakan Kesiapan Beri Keamanan di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada Rabu 24 Maret mengumumkan lima poin inisiatif untuk keamanan dan stabilitas di Timur Tengah. Tiongkok siap memberikan jaminan keamanan itu.

Menteri Wang Yi yang mengunjungi Arab Saudi mengatakan kepada Al Arabiya, bahwa Tiongkok menyerukan “saling menghormati di antara negara-negara Timur Tengah.”

“Pentingnya untuk mendukung upaya negara-negara kawasan terkait Suriah dan Yaman,” sebut ujar Menlu Wang Yi.

Dia menyatakan dukungan Tiongkok untuk inisiatif Saudi untuk menyelesaikan konflik di Yaman. “Itu mencerminkan tekad Riyadh untuk mengatasi krisis Yaman. Tiongkok berharap bisa melaksanakan inisiatif itu secepatnya,” tegas Wang.

Inisiatif perdamaian Arab Saudi mencakup gencatan senjata nasional dan pembukaan kembali hubungan udara dan laut dengan wilayah yang dikuasai oleh kelompok Houthi di Yaman.

Tidak ketinggalan, Wang juga juga membahas masalah Palestina dan Israel, dan menyerukan solusi dua negara. Dirinya menekankan bahwa negaranya akan mengirim undangan kepada tokoh Palestina dan Israel untuk berdialog di Negeri Tirai Bambu.

Dia juga menekankan bahwa Tiongkok menyerukan non-proliferasi senjata nuklir di Timur Tengah. Wang menambahkan, “upaya negara-negara di kawasan itu harus didukung untuk memastikan bahwa mereka bebas dari senjata nuklir.”

Selama kunjungannya ke Arab Saudi, Menlu Wang bertemu dengan mitranya dari Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan dan Nayef Al-Hajraf, Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk.

Pertemuan ini dijadwalkan untuk membahas hal-hal yang menjadi kepentingan bersama, dan cara memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *